5 Tips Mudah Menyiapkan Sahur yang Praktis dan Anti Repot

Kamu perlu tips mudah menyiapkan sahur agar keluarga bisa tetap makan tepat waktu dan tidak ada lagi alasan terlambat untuk sahur.

Waktu sahur seringkali sangat mepet karena alasan terlambat bangun. Padahal, demi kelancaran puasa, sahur adalah step yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Untuk itu, kamu perlu memikirkan cara mudah menyiapkan sahur agar keluarga tetap bisa makan di waktu yang singkat tersebut.

Meski demikian, tidak perlu bingung! Sebenarnya karena ad acara cukup mudah agar kamu dan keluarga tidak keteteran saat momen sahur. Berikut ini adalah  informasi mengenai tips mudah menyiapkan sahur, yuk disimak.

1. Rencanakan Menu Sahur

Agar mudah dalam menyiapkan sahur, rencanakan menu sahur yang akan kamu masak. Kamu boleh merencanakan menu seminggu ke depan sehingga saat belanja kamu bisa sekaligus melakukan food preparation untuk menu selama seminggu.

Merencanakan menu seperti ini memang terasa merepotkan di awal, tapi kamu akan merasa sangat terbantu dan dimudahkan dengan cara seperti ini. Coba saja dulu kalau tidak percaya!

2. Lakukan Meal Preparation Pada Malam Hari

Tips Mudah Menyiapkan Sahur (via Hipwee)

Setelah tahu apa menu yang akan dimasak untuk sahur besok, saatnya untuk menyiapkan bahan yang akan dimasak di malam sebelumnya. Menyiapkan bahan masakan seperti memotong sayur, mencuci bahan-bahan, menghaluskan bumbu tentu akan menghabiskan banyak waktu, karena itu untuk menghemat waktu, kamu perlu menyiapkannya terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukan meal preparation sampai setengah matang untuk daging atau ikan, sehingga waktu sahur hanya perlu mematangkannya. Atau juga kamu bisa menyiapkan sayuran hingga tinggal mendidihkan saja di waktu sahur.

3. Memasak Makanan Sebelum Sahur

Tips Mudah Menyiapkan Sahur (via Taste)

Berbeda dengan tips mudah menyiapkan sahur sebelumnya, kalau yang ini, kamu perlu memasak menu sahurmu saat malam sehingga saat sahur kamu bisa tinggal menghangatkan. Cara ini bisa dipakai jika waktu sahur cukup mepet. Kamu bisa memanaskan sisa menu berbuka sehingga lebih praktis dan menghemat tenaga.

4. Menyiapkan Bumbu Dasar

Tips Mudah Menyiapkan Sahur (via Kompas)

Tips selanjutnya untuk mempermudah dalam menyiapkan sahur adalah dengan menyiapkan bumbu halus/bumbu dasar. Pasti sudah pada tahu pentingnya bumbu dasar ini selalu ada di kulkas.

Selain untuk mempersingkat waktu memasak, menyiapkan bumbu dasar juga menjadi cara agar memasak jadi lebih efisien. Kamu hanya perlu sekali mengupas, mencuci dan menghaluskan bahan, lalu bisa disimpan dan dipakai berkali-kali.

Ada 3 macam bumbu dasar yang biasa ada di kulkas ibu rumah tangga, yang pertama adalah bumbu dasar putih. Bumbu ini merupakan bumbu dasar yang utama. Bahan pembuatan bumbu ini adalah bawang merah dan putih, kemiri, jahe, lengkuas, dan minyak goreng. Dengan bumbu ini kamu bisa memasak kuah bakso, soto, opor ayam, sayur lodeh, perkedel, dan masih banyak lagi.

Kemudian ada bumbu dasar merah. Kamu bisa membuatnya dengan menambahkan cabai pada bumbu dasar putih. Bumbu ini cocok untuk memasak nasi goreng, sambal goreng, tumis balado, rendang, dan makanan pedas lainnya.  

Terakhir ada bumbu dasar kuning. Untuk membuatnya, kamu bisa tambahkan cabai dan kunyit pada bumbu dasar putih. Bumbu ini biasa  digunakan untuk membuat soto, bumbu kari, nasi kuning, dan ayam goreng.

5. Stok Lauk yang Bisa Tahan Lama

Tips Mudah Menyiapkan Sahur (via Fimela)

Cara berikutnya untuk menyiapkan sahur dengan mudah adalah dengan memiliki stok lauk yang bertahan lama. Kamu bisa menyiaplkan nugget, sosis, atau makanan lain yang bisa bertahan lama. Persediaan ini akan memudahkanmu saat bangun terlambat dan tidak sempat menyiapkan sahur.

Itulah beberapa tips mudah menyiapkan sahur. Semoga informasi ini dapat membantumu melewati bulan puasa ini dengan baik bersama keluarga maupun orang dekat, ya!

Tips Mudah Menyiapkan Sahur (via Merdeka)