Penting untuk Kecerdasan, Begini Cara Membangun Growth Mindset Pada Anak

Pola pikir growth mindset adalah gagasan bahwa kecerdasan seseorang dapat meningkat melalui kerja keras dan usaha. Bagaimana cara membangunnya pada anak?

Pola pikir growth mindset adalah gagasan bahwa kecerdasan seseorang dapat meningkat melalui kerja keras dan usaha. Membangun pola pikir ini pada anak sangat penting, karena di momen itulah anak-anak dapat memaksimalkan kemampuan untuk menjadi dasar pembelajaran di tahap berikutnya.

Anak-anak yang memiliki growth mindset, tidak akan menyerah tanpa berusaha saat menghadapi berbagai kesulitan. Memiliki pola pikir ini juga akan membuat mereka suka belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru. Karena itu, penting untuk membangung pola pikir ini pada anak. Bagaimana caranya? Berikut informasinya!

1. Berikan Rasa Percaya Diri

Cara membangun growth mindset yang pertama adalah dengan memberikan rasa percaya diri pada anak. Kamu harus menunjukkan bahwa anak-anak bisa melakukan hal-hal baik yang ingin mereka lakukan.

Pupuk kepercayaan bahwa anak-anak kelak dapat memiliki masa depan yang baik dengan terus melakukan sesuatu yang produktif. Kamu bisa melakukannya melalui kata-kata yang memotivasi anak. Ucapkan berulang hingga anak yakin bahwa dia mampu melakukan sesuatu dengan baik.

2.  Ajarkan untuk Belajar dari Kesalahan

Growth Mindset (via Alodokter)

Saat anak gagal dalam menyelesaikan sesuai, bantu anak untuk memahami kesalahan yang dilakukannya. Gunakan kesempatan ini untuk melihat kesalahan sebagai peluang untuk belajar menjadi lebih baik lagi.

Kamu bisa membantu anak untuk mengevaluasi apa yang perlu dibenahi dari cara yang dia lakukan sebelumnya. Dalam prosesnya, gunakan kata-kata yang membangun dan tidak menjatuhkan anak melalui kesalahannya.

3. Jangan Mudah Menyerah

Growth Mindset (via Okezone)

Cara berikutnya adalah dengan menanamkan sikap tidak mudah menyerah pada anak. Sebagai orangtua, kamu harus melatih anak untuk ulet mencoba kembali jika dia gagal atau melakukan kesalahan. Ajarkan pada anak bahwa segala hal membutuhkan proses untuk biasa dan bisa. Dengan begitu, diharapkan anak akan terus mencoba sampai mereka berhasil melalui kesulitannya.

4. Puji Setiap Proses yang Dilakukan

Growth Mindset (via Suara)

Agar anak tetap bersemangat pada hal yang dilakukannya, maka jangan lupa memberikan penghargaan pada setiap proses yang telah anak lewati. Tunjukkan melalui kata-kata dan perbuatan bahwa orangtua menghargai segala jerih payah yang telah dilakukan.

5. Ceritakan tentang Perjuangan Orangtua

Growth Mindset (via Parenting)

Untuk menginspirasi anak, kamu bisa menceritakan pada anak bagaimana perjuangan yang kamu atau pasanganmu lakukan saat dulu di bangku sekolah, atau saat menemui kesulitan-kesulitan tertentu. Hal itu akan membuat anak berpikir bahwa orangtuanya juga melakukan upaya untuk mencapai apa yang diinginkan.

Kamu juga bisa menunjukkan bagaimana usahamu untuk melakukan sesuatu setelah melakukan kesalahan. Contoh-contoh seperti ini yang akan mendorong mereka untuk terus berkembang.

Itulah 5 hal yang dapat orangtua lakukan untuk membangun growth mindset pada anak. Ajarkan arti kerja keras dan pantang menyerah pada anak sedini mungkin, agar anak dapat mencapai kesuksesan di kemudian hari.

Growth Mindset (via Suara)