Resep Sop Ayam, Menu Sahur yang Praktis dan Menyehatkan

Resep sop ayam yang akan kita bahas ini sangat praktis dan tidak bikin rempong. Yuk simak bahan dan cara membuatnya!

Ingin makanan berkuah yang segar untuk sahur ? Saat Ramadan tiba, setiap ibu pastinya mulai memikirkan santapan bergizi namun tidak bikin rempong. Untuk kamu yang ogah begadang semalaman hanya untuk menyiapkan menu sekali sahur, kenapa tidak mencoba resep sop ayam yang akan kita bahas ini? 

Selain cara membuatnya sangat mudah, anak-anak pasti suka karena rasanya yang gurih. Gizinya pun cukup lengkap dan bisa memberikan suntikan tenaga dan semangat untuk menjalani puasa. Penasaran kan dengan menu yang satu ini? Berikut cara membuat dan bahannya:

Bahan Utama

Salah satu alasan kenapa menu sop ayam bisa jadi menu andalan sahur adalah bahannya yang tidak terlalu banyak. Kamu cukup menyiapkan sayuran dan daging ayam yang pastinya mudah ditemukan di pasar maupun supermarket dengan harga terjangkau. Berikut rinciannya:

• 1 bungkus bahan sayuran sop (wortel, kubis, daun bawang, seledri, kentang, buncis, dan lain-lain sesuai selera)

• 250 gram ayam

Untuk jumlahnya, kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga untuk sekali makan sahur. Pastikan jumlahnya cukup, namun juga jangan terlalu banyak agar tidak mubazir. 

Resep Sop Ayam untuk Sahur (via Kumparan)

Bumbu

Jika bahan utama sudah siap, jangan lupa siapkan juga bumbu-bumbunya. Karena menu yang akan kita buat ini cukup sat set sat sat, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang sederhana sebagai berikut:

• 2 siung bawang putih, haluskan

• Bawang merah goreng secukupnya

• Merica bubuk secukupnya

• Garam dan penyedap rasa secukupnya

Resep Sop Ayam untuk Sahur (via Masak Apa Hari Ini)

Cara Membuat:

Setelah mempersiapkan bahan-bahan dan bumbunya, sekarang saatnya untuk memasak sop ayam untuk sahur keluarga. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya:

1. Cuci dan potong sayuran sesuai selera, pisahkan kentang dan wortel yang sudah dipotong-potong. Sisihkan. Cuci dan potong ayam sesuai selera, kemudian sisihkan.

2. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum, kemudian masukkan 1,5 liter air. Setelah mendidih, masukan ayam lalu tunggu hingga air mendidih kembali.

3. Setelah mendidih masukan wortel dan kentang, tunggu sampai agak empuk. Kemudian masukkan sayuran yang tersisa dan bumbu-bumbu. Rebus hingga sayuran empuk kemudian koreksi rasa. Angkat, taburi dengan bawang merah goreng dan sajikan hangat.

Resep Sop Ayam untuk Sahur (via Hobby Makan)

Demikian resep sop ayam yang super praktis dan tidak butuh waktu lama. Karena dibuat dari bahan-bahan alami, kamu tidak perlu khawatir soal gizi dan manfaatnya. Dijamin, hidangan sahur  ini akan jadi favorit keluarga. Selamat mencoba!

Resep Sop Ayam untuk Sahur (via Natural Poultry)