Traveler Wajib Tahu, Begini Tips Menghindari Sakit Punggung Selama Penerbangan Kelas Ekonomi

Semua traveler wajib tahu bagaimana tips menghindari sakit punggung selama penerbangan, terlebih jika kamu memilih kursi ekonomi. Yuk intip tipsnya!

Semua traveler wajib tahu bagaimana tips menghindari sakit punggung selama penerbangan, terlebih jika kamu memilih kursi ekonomi. Pasalnya kursi pesawat  kelas ekonomi memiliki ukuran yang lebih sempit jika dibandingkan dengan kursi first class.

Tentu saja kursi dalam pesawat yang sempit, dapat menyebabkan sakit punggung selama penerbangan. Apalagi jika kamu harus terbang dalam waktu yang cukup lama. Belum lagi, kamu mungkin akan sulit meluruskan kaki sehingga berpotensi mengalami pegal linu selama penerbangan.

Lantas, bagaimana cara agar kamu tidak perlu mengalami sakit punggung ketika harus melakukan penerbangan jauh dengan waktu yang cukup lama? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tipsnya!

1. Menggunakan Bantal

Cara pertama agar punggungmu tidak terasa sakit selama penerbangan adalah dengan menggunakan bantal. Kamu bisa menaruh bantal tersebut tepat di bagian belakang punggung. Bantal ini akan membantu kamu untuk duduk lebih tegak dan menurunkan risiko sakit punggung.

Meski demikian, kamu juga perlu memperhatikan ukuran dan bahan bantal. Pastikan ukurannya pas dengan kursi dan tidak membuatmu kesulitan duduk. Selain itu, bahannya juga harus empuk dan nyaman agar kamu tetap nyaman walau menjalani perjalanan lama.

Tips Menghindari Sakit Punggung Selama Penerbangan Kelas Ekonomi (via Liputan6)

2. Gunakan Air Panas dan Lakukan Peregangan Otot

Tips kedua agar kamu terhindar dari sakit punggung selama penerbangan adalah kamu bisa meminta air panas dalam botol atau wadah tertutup pada pramugari. Setelahnya, kamu bisa meletakkannya pada bagian punggung, agar otot tidak tegang dan tetap rileks. Perhatikan suhunya agar tidak terlalu panas.

Atau kamu juga bisa melakukan peragangan otot saat penerbangan. Duduk terlalu lama tentu akan membuat otot menjadi kaku kan. Kamu bisa melakukannya di dapur pesawat. Tapi jangan lupa memberitahu awak kabin terlebih dahulu agar mereka tidak khawatir.

Tips Menghindari Sakit Punggung Selama Penerbangan Kelas Ekonomi (via Kumparan)

3. Gunakan Penyangga Punggung

Selain bantal yang sudah disebutkan tadi, untuk menghindari sakit punggung selama penerbangan kamu juga bisa menggunakan penyangga punggung. Pasalnya, membungkuk selama penerbangan akan memperparah sakit punggung.

Maka dari itu alat ini nantinya akan berfungsi memperbaiki postur tubuh dan meminimalkan posisi tubuh membungkuk. Tidak susah dicari, kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko online dan offline.

Nah, itu tadi beberapa tips menghindari sakit punggung selama penerbangan. Catat baik-baik, agar liburanmu jadi menyenangkan hingga sampai tujuan dan tidak diwarnai drama sakit punggung. Persiapkan semuanya dengan baik sebelum naik pesawat  untuk memimalisir hal-hal yang tak diinginkan.  Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Tips Menghindari Sakit Punggung Selama Penerbangan Kelas Ekonomi (via Klik Dokter)