Ini Lho Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan bank digital dan bank konvensional memang begitu mencolok. Kira-kira mana yang lebih menguntungkan?

Perbedaan bank digital dan bank konvensional memang begitu mencolok. Mengingat bank digital disebut memberi kemudahan bagi para nasabahnya. Bahkan para nasabah tidak perlu repot pergi ke kantor cabang untuk melakukan transaksi perbankan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan tekhnologi kini memang semakin pesat, termasuk dalam dunia perbankan. Jika dahulu hanya ada bank konvensional, kini sudah ada bank digital yang bisa diakses nasabah dari mana saja.

Meski sama-sama menawarkan jasa perbankan, namun ada perbedaan antara keduanya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa perbedaannya. Yuk simak penjelasannya baik-baik!

1. Keberadaan Kantor

Bank digital merupakan bank yang melakukan aktivitas bisnis secara elektronik atau daring. Dan tentu saja bank digital tidak memiliki kantor fisik, sehingga para nasabah tidak perlu bertatap langsung saat melakukan transaksi perbankan. Atau hanya memiliki kantor pusat saja.

Sedangkan bank konvensional merupakan sebutan untuk bank yang aktivitas perputaran uangnya dilakukan berdasarkan kesepakatan nasional atau internasional. Dan tentu saja bank konvensional memiliki fisik berupa kantor pusat dan cabang.

Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional (via Liputan6)

2. Cara dan Proses Perbankan

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa bank digital dan bank konvensional sama-sama melayani jasa perbankan, namun sesuai namanya proses perbankan bank digital sepenuhnya dilakukan secara online, bisa via website, link khusus, atau aplikasi perbankan.

Sedangkan bank konvensional mengharuskan nasabahnya datang ke kantor pusat atau kantor cabang untuk melakuka transaksi perbankan, seperti membuka rekening, menutup rekening, transfer dalam jumlah besar, dan lainnya.

Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional (via Bank Sinarmas)

3. Biaya Admin

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari biaya admin. Untuk bank digital menawarkan biaya admin yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan bank konvensional. Bahkan ada produk-produk tertentu yang bebas biaya admin lho.

Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional (via Dunia Fintech)

4. Proses Transaksi

Jika di bank konvensional, nasabah akan dilayani oleh teller untuk melakukan transaksi seperti transfer, menabung, kliring, dan lainnya, berbeda dengan bank digital. Karena semua transaksinya dilakukan secara digital, maka nasabah tidak perlu bertemu teller atau customer service, karena semua transaksi bisa dilakukan sendiri.

Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional (via SINDOnews)

5. Bunga Tabungan

Perbedaan terakhir dari bank digital dan bank konvensional bisa dilihat dari bungan tabungannya. Untuk bank digital mampu menawarkan keuntungan bunga tabungan yang cukup tinggi, mengingat biaya operasionalnya lebih rendah. Namun ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu, agar lebih yakin dan pasti.

Nah, itu tadi beberapa perbedaan bank digital dan bank konvensional yang mungkin belum banyak diketahui. Kalau kamu lebih suka menabung di bank digital atau bank konvensional? Jangan lupa memilih dan mempertimbangkan sesuai kebutuhanmu ya!

 

Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional (via Accurate Online)