Waspada Tanda-Tanda PCOS pada Wanita, Bisa Berdampak pada Kesuburanmu Lho!

Mengenali tanda-tanda PCOS pada wanita adalah hal penting untuk mencegah dampak buruknya pada kesuburan. Yuk simak ulasan berikut ini!

Apa tanda-tanda PCOS pada wanita? Seberapa berbahaya? Apa penyebabnya? Beberapa pertanyaan tersebut mungkin berkecamuk dalam pikiran kalian saat mendengar istilah polycystic ovarian syndrome (sindrom polikistik ovarium yang kini banyak dibicarakan di kalangan perempuan. Sebenarnya penyakit apa itu?

PCOS adalah gangguan hormon pada perempuan di masa subur. Salah satu penyebabnya adalah jumlah hormon androgen meningkat sehingga muncul kantong-kantong berisi cairan di area ovarium. Jika dibiarkan, kondisi ini tak hanya menyebabkan sulit punya anak, namun juga meningkatkan risiko diabetes dan hipertensi. Apa saja tanda-tandanya? Simak ulasan berikut!

1. Siklus Menstruasi Tidak Lancar

Normalnya, menstruasi terjadi setiap 23-35 hari, dan dalam rentang waktu 3-7 hari. Menurut Halodoc, dalam satu siklus menstruasi, perempuan akan mengeluarkan darah 30-70 mililiter. Kram perut mungkin muncul pada hari pertama atau kedua, di mana volume darah keluar paling banyak.

Karenanya, dalam setahun, perempuan mengalami menstruasi secara normal sebanyak 12 kali. Jika kamu mengalami menstruasi kurang dari 8-9 kali dalam setahun, dengan rentang waktu terlalu lama atau terlalu sebentar, maka ada kemungkinan ada yang tidak beres dengan sistem reproduksi.

Selain itu, tanda-tanda PCOS pada wanita juga bisa ditunjukkan dengan volume darah berlebihan dan rasa sakit hebat saat menstruasi. Karenanya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan jika haid tidak teratur.

Tanda-Tanda PCOS pada Wanita (via Alodokter)

2. Rambut Tumbuh Berlebihan di Tempat yang Tidak Biasa

PCOS muncul akibat hormon androgen diproduksi berlebihan oleh tubuh, sehingga muncul kondisi fisik yang umumnya ditemukan pada pria. Salah satunya ditunjukkan oleh pertumbuhan rambut yang berlebihan, dan muncul di area yang tidak biasa. Bagian-bagian yang umum ditumbuhi rambut antara lain adalah wajah, area perut, dada dan payudara, dan bagian lain yang tidak umum ditemukan pada perempuan.

Tanda-Tanda PCOS pada Wanita (via Grid)

3. Beberapa Bagian Tubuh Menghitam

Perubahan warna kulit nyatanya bukan hanya disebabkan oleh paparan sinar UV. Warna kulit tidak merata bisa jadi indikasi bahwa kamu mungkin mengalami PCOS. Para penderita sindrom ini akan mengalami pigmentasi, terutama di bagian belakang leher. Selain itu, warna gelap juga sering terlihat di bagian bawah ketiak atau bibir miss V.

Tanda-Tanda PCOS pada Wanita (via Tribunnews)

4. Perut Buncit

Gejala lain dari PCOS adalah perut yang buncit tanpa sebab yang jelas. Beberapa orang memang memiliki tumpukan lemak di perut karena gaya hidup kurang sehat. Namun bagi penderita PCOS, kondisi ini bisa terjadi walaupun sudah menerapkan pola hidup sesuai anjuran.

Penyebabnya adalah gangguan metabolisme yang menyebabkan gula darah meningkat akibat PCOS sehingga berimbas pada area perut. Karena itulah penderita PCOS juga rawan mengalami diabetes.

Tanda-Tanda PCOS pada Wanita (via Indozone)

5. Tumbuh Kutil atau Benjolan

Kulit tumbuh, atau biasa dikenal dengan kutil, juga bisa menjadi indikasi bahwa organ reproduksi perempuan sedang mengalami masalah. Meski demikian, tidak semua benjolan atau kutil disebabkan oleh PCOS, karena ada banyak faktor lain yang mungkin jadi penyebab.

Tanda-Tanda PCOS pada Wanita (via Alodokter)

6. Susah Punya Anak

Dilansir dari Kompas, 70 persen masalah kesuburan disebabkan oleh PCOS. Ketidakseimbanan hormon akan menyebabkan masalah pada ovarium sehingga tidak mudah dibuahi oleh sperma. Meski demikian, kondisi ini bisa ditangani dengan treatment tertentu.

Jika mengalami tanda-tanda PCOS pada wanita, sebagaimana dijelaskan di atas, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan USG, untuk mengetahui kondisi di area rahim. Penderita sindrom ini biasanya akan memiliki banyak kista di area ovarium sehingga perlu penanganan lebih lanjut. Yuk hindari sejak dini!

Tanda-Tanda PCOS pada Wanita (via Ping Point)