Tips Mudah Bangun Sahur, Agar Tubuh Siap Menjalani Puasa Esok Hari

Tantangan terbesar di bulan puasa yang paling sering dialami yaitu mudah bangun sahur. Tips berikut ini bisa kamu coba agar tidak lagi melewatkan waktu penting ini.

Selama bulan puasa, tantangan terbesar yang mungkin kamu alami adalah tidak mudah bangun sahur. Seringnya karena terlalu malas, banyak yang melewatkan makan sahur. Padahal waktu sahur waktu untuk mengisi tubuh dengan berbagai makanan yang bergizi agar tubuh siap menjalani puasa keesokan harinya. Nah, agar mudah bangun sahur dan tidak lagi melewatkan waktu penting ini, yuk simak beberapa tips berikut ini:

1. Niatkan untuk Sahur

Tips pertama adalah niat dengan sungguh-sungguh. Karena sahur merupakans alah satu ibadah, jika kamu bersungguh-sungguh meminta, pasti akan ada kemudahan. Lakukan ibadah-ibadah sebelum tidur seperti berwudlu dan membaca doa tidur agar tidurmu nyenyak dan dapat bangun sahur tepat waktu.

Tips Mudah Bangun Sahur (via Kompas Health)

2. Tidur Lebih Awal

Tips selanjutnya agar mudah bangun sahur adalah dengan tidur lebih awal. Jangan tidur terlalu malam agar tubuh mendapat istirahat yang cukup. Jika waktu istirahatmu cukup, tentunya akan membantu untuk mudah bangun sahur.

Tips Mudah Bangun Sahur (via Haluan Pos)

3. Gunakan Alarm

Tips selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Kamu bisa menggunakan alarm handphone. Set alarm 30 menit sebelum waktu yanga kamu inginkan untuk menghindari kamu tertidur lagi setelah mematikan alarm. Untuk menyiasati hal ini, kamu juga bisa meletakkan handphone jauh dari area tidur agar kamu terpaksa bangun dan berdiri untuk mematikannya.

Tips Mudah Bangun Sahur (via TribunHealth)

4. Hindari Minuman Berkafein dan Tinggi Gula

Cara lain agar mudah bangun sahur adalah dengan mengontrol apa yang dikonsumsi. Hindari minuman berkafein dan tinggi gula karena mengonsumsi kedua hal ini akan mengganggu tidurmu. Kafein dapat membuatmu lebih bersemangat melakukan berbagai macam aktivitas. Apalagi, jika ditambahkan dengan gula. Jika ingin meminum sesuatu, lebih baik seduh tisane kamomil untuk membantumu relaks dan tertidur dengan nyaman.

Tips Mudah Bangun Sahur (via Kompas)

5. Jangan Makan Terlalu Banyak

Tips selanjutnya agar mudah bangun dahur adalah dengan tidak makan terlalu banyak saat berbuka. Makan terlalu banyak akan mengganggu tidurmu, sehingga kamu sulit terbangun saat sahur. Atur porsi makanmu, dan konsumsi cukup air putih sebelum tidur.

Mudah Bangun Sahur (via Hello Sehat)

6. Hindari Makanan Berlemak

Selain mengatur porsi makan, perhatikan juga apa yang kamu makan. Hindari makanan berlemak yang akan memperlambat pencernaan. Makanan berlemak akan membuat tubuh lemas saat berpuasa keesokan harinya. Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak akan mengganggu pencernaan yang dapat menyebabkan kesulitan tidur.

Itulah 6 tips agar mudah bangun sahur selama bulan puasa. Diantara tips di atas, yang manakah yang sudah berhasil kamu lakukan?

Mudah Bangun Sahur (via Mufit Indonesia)