Khusus Pecinta Kopi, Ini Solusi Mengatasi Jantung Berdebar Akibat Kafein

Para pecinta kopi wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi jantung berdebar akibat kafein yang terlalu banyak.

Terkadang kita tidak mengetahui mengapa setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein membuat kesehatan kita terganggu, seperti asam lambung dan bahkan juga bisa mengalami jantung berdebar kencang. Keadaan yang seperti itu biasanya terjadi ketika kita mengonsumsi terlalu banyak asupan kafein ke dalam tubuh. Lantas, bagaimana cara mengatasi jantung berdebar akibat kafein?

Sebelumnya, kamu perlu tahu jika saat kamu mengonsumsi kafein akan terjadi reaksi berantai untuk merangsang otak, jantung, dan paru-paru. Jika dikonsumsi terlalu banyak, kafein justru membuat jantung berdebar sangat kencang karena kandungan kafein dapat memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan meningkatkan detak jantung. Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi jantung berdebar, diantaranya:

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memperparah jantung berdebar, oleh karena itu segera minum air putih begitu merasakan jantung berdebar. Meminum air putih dapat membantu mengeluarkan kafein yang berlebih dari tubuh.

Selain itu, disarankan segera minum air putih karena saat tubuh kekurangan cairan, darah akan semakin kental. Hal inilah membuat jantung bekerja lebih keras sehingga memicu detak jantung lebih cepat.

Mengatasi Jantung Berdebar Akibat Kafein (via Astronauts)

2. Lakukan Relaksasi

Stres dapat memperburuk jantung berdebar. Hal ini terjadi karena saat stres, tubuh membuat adrenalin melonjak. Kamu bisa mengelola stres dengan melakukan relaksasi sederhana dengan duduk bersila dan memejamkan mata. Kemudian tarik napas perlahan melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Ulangi sampai kamu merasa relaks.

Mengatasi Jantung Berdebar Akibat Kafein (via Alodokter)

3. Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan ternyata dapat mengurangi detak jantung yang berdebar akibat kafein. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan peregangan atau biasa disebut pemanasan yang biasa kamu lakukan sebelum melakukan olahraga inti.

Mengatasi Jantung Berdebar Akibat Kafein (via Parentalk)

4. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Cara lain untuk mengatasi jantung berdebar adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Kamu bisa memilih makanan seperti pisang, yogurt, atau bayam. Bagi kamu yang setiap hari mengonsumsi kopi, ada baiknya juga mengonsumsi makanan tinggi magnesium di atas.

Mengatasi Jantung Berdebar Akibat Kafein (via Lifepal)

5. Batasi Stimulan

Selain cara-cara di atas, jika merasakan jantung berdebar kencang setelah mengonsumsi kafein, maka kamu bisa membatasi stimulan yang membuat jantung berdebar setelahnya. Ada beberapa jenis stimulan yang dapat membuat jantung berdebar seperti kopi, teh, cokelat, soda, minuman berenergi, rokok, alkohol, hingga obat yang mengandung kafein.

Itulah 5 cara mengatasi jantung berdebar akibat kafein yang bisa kamu coba. Jika jantung berdebar terus berlanjut, segera hubungi tenaga medis terdekat, ya. Akan lebih baik jika kamu juga membatasi diri agar tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Mengatasi Jantung Berdebar Akibat Kafein (via Lifestyle Kompas)