Kenali Sebelum Terlambat, Ini 4 Tanda Kolesterol Naik Saat Puasa

Mengenali tanda kolesterol naik saat puasa agar bisa lebih waspada dan bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Tahukah kamu kalau berpuasa ternyata dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Namun bukan berarti kolesterol tidak bisa naik saat puasa. Karena itu kamu harus mengenali beberapa tanda kolesterol naik saat puasa agar bisa lebih waspada.

Seperti dikutip dari laman Hellosehat, banyak hal yang bisa menyebabkan kolesterol naik saat puasa, di antaranya karena tidak menjaga pola makan, terjadi sindrom metabolik, dan kekurangan taurin. Jika dibiarkan, tubuh akan merasa kurang nyaman dan muncul berbagai gangguan yang membuat puasa jadi tidak lancar.

Nah, agar kolesterol yang naik saat puasa bisa segera diatasi, beberapa tanda kolesterol naik saat puasa berikut ini harus kamu kenali terlebih dahulu. Mengutip Halodoc, berikut ini beberapa ciri kolesterol naik. Catat ya.

1. Sakit Kepala dan Nyeri Bahu

Jika kamu mengalami sakit kepala dan nyeri pada bahu, padahal tidak melakukan kegiatan berat, bisa jadi kolesterol dalam darahmu sedang naik. Hal ini disebabkan karena kolesterol yang naik menyebabkan penyumbatan arteridan mengganggu peredaran darah, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada bahu dan kepala. Kondisi ini biasanya bisa diatasi sesaat dengan obay nyeri, namun pada dasarnya tidak memberikan efek penyembuhan apapun.

Tanda Kolesterol Naik Saat Puasa (via Galamedia News)

2. Kebas Pada Kaki dan Tangan

Selain sakit kepala dan nyeri bahu, kolesterol yang naik bisa ditandai dengan kaki dan tangan yang terasa kebas. Gejala ini muncul karena adanya gangguan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh tingginya kolesterol.

Karena itu, peredaran darah menjadi tidak lancar dan tubuh menjadi kekurangan oksigen. Rasa kebas ini biasanya cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Rasa tidak nyaman, walaupun tidak signifikan, bisa menghambat mobilitas dan membuat tidur kurang nyenyak.

Tanda Kolesterol Naik Saat Puasa (via Detikcom)

3. Muncul Benjolan Sendi

Munculnya benjolan pada sendi juga termasuk tanda-tanda kolesterol naik. Benjolan ini terbentuk karena adanya penumpukan kadar kolesterol dalam waktu yang cukup lama. Coba cek kadar kolesterol atau konsultasikan dengan dokter jika hal ini terjadi.

Tanda Kolesterol Naik Saat Puasa (via Halodoc)

4. Mudah Lelah dan Sesak Napas

Jika kamu tiba-tiba merasa mudah lelah, bisa jadi kamu mengalami peningkatan kolesterol dalam darah. Tentu saja hal ini harus segera diatasi, karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada kondisi yang lebih parah, kolesterol juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas. Jadi harus waspada ya.

Nah, itu tadi beberapa tanda kolesterol naik saat puasa yang harus diwaspadai. Jika kamu mengalami ciri-ciri tadi, sebaiknya segera temui dokter agar gejala yang kamu alami bisa segera diatasi.

Tanda Kolesterol Naik Saat Puasa (via Beautynesia)