Benarkah Nyi Roro Kidul Suka Datang ke Kamar 308 Hotel Inna Samudera? Ini Faktanya

Kamar 308 di Hotel Inna Samudera disiapkan untuk menyambut Nyi Roro Kidul. Benarkah penguasa pantai selatan itu benar suka datang ke kamar?

Membicarakan Nyi Roro Kidul  tentu ada kaitannya dengan Kamar 308 Hotel Inna Samudera  di Sukabumi, Jawa Barat. Sejak puluhan tahun lalu, kamar itu memang sengaja dibuat untuk Nyi Roro Kidul. Lalu benarkah Nyi Roro Kidul memang suka datang ke lokasi kamar tersebut?

Dilansir dari Quora, seorang warganet bernama Rajesh Gindwani menceritakan pengalamannya saat datang ke kamar tersebut. Ia menuliskan bahwa memang kehadiran Nyi Roro Kidul ke kamar 308 bukan hanya isapan jempol belaka. Seorang penjaga kamar itu mengatakan bahwa memang di malam-malam tertentu Nyi Roro Kidul suka datang ke kamar. “Menurut para penjaga nya, iya (suka datang-red),” tulisnya.

Tak hanya kemunculan Nyi Roro Kidul, sebab banyak orang yang suka datang ke kamar tersebut hampir setiap hari untuk melakukan ritual khusus. “Ketika saya mau masuk ke kamar 308 itu, di luar banyak sandal, menandakan banyak orang yang sedang sembahyang di dalam,” kenangnya.

Rajesh masuk ke kamar 308 pada siang hari. Tak banyak barang yang ia bawa, hanya sebuah dupa yang dibeli dari Jakarta, sengaja dipersiapkan saat masuk ke kamar. Di dalam kamar, ia membakar dupa sebagai tanda memberikan penghormatan. Pria tersebut tidak meminta apa-apa karena hanya ingin tahu suasana kamar.

Selama berada di dalam kamar, dirinya tidak boleh mengambil gambar. “Di dalam kamar ada altar khusus untuk Nyi Roro Kidul, ada tempat tidur dan juga berbagai baju, perhiasan di dalam sana,” jelasnya. “Masuk ke sana didampingi penjaga, anehnya setelah saya keluar, penjaga yang mengantar kami tetap berada di dalam,” kenang dia.

Memang setelah kamar 308 terkenal dan bisa dikunjungi, membuat banyak orang yang datang untuk sekedar berdoa dan diam-diam mengambil gambar. Hal itu membuat penjaga dan pihak manajemen hotel merasa kecolongan. Bahkan kejadian itu terjadi saat lokasi kamar digunakan untuk syuting film horor. Salah satu kru diam-diam mengambil gambar.

Benarkah Nyi Roro Kidul Suka Datang ke Kamar 308 Hotel Inna Samudera, Ini Faktanya (Mister Aladin)

Menurut informasi yang beredar, kerajaan pantai selatan memang cukup luas, dari kawasan Sukabumi hingga Bali. Perairan Sukabumi dijadikan sebagai alun-alun utara atau pintu depan, sementara perairan Bali menjadi alun-alun selatan atau pintu belakang.Sementara istana utama ada di pantai selatan Yogyakarta.

Selain kamar 308, beberapa tempat juga disinyalir jadi lokasi khusus untuk Nyi Roro Kidul. Mulai dari Pantai Parangkusumo dan Parangtritis di Yogyakarta, dan Pantai ParangKursi di Banyuwangi. Di momen tertentu banyak orang datang ke lokasi itu untuk mengirimkan persembahan sesaji untuk sang ratu pantai selatan.

Benarkah Nyi Roro Kidul Suka Datang ke Kamar 308 Hotel Inna Samudera, Ini Faktanya (Detikcom)