Cara Jitu Mengatasi Anak Malas Belajar, Enggak Khawatir Lagi Deh!

Mengatasi anak malas belajar memang susah-susah gampang, ya. Daripada dilema, yuk simak beberapa tips berikut ini!

Mengatasi anak  malas belajar memang susah-susah gampang, ya. Seringnya, dengan iming yang sederhana saja sudah bisa membuat anak mau untuk belajar. Namun, dalam banyak kesempatan, anak bisa susah dibujuk untuk mau belajar. 

Mengenali alasan anak malas belajar merupakan pintu agar orang tua dapat menemukan solusinya. Nah, dibawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi anak malas belajar yang bisa orang tua terapkan di rumah. 

1. Buat Kegiatan Belajar Menjadi Aktivitas Menyenangkan

Cara mengatasi anak malas belajar yang pertama adalah dengan membuat aktivitas yang menyenangkan. Disini, orang tua harus meninggalkan kesan bahwa belajar itu kegiatan menyenangkan dan bukan keharusan yang membosankan. Hal ini bisa dibangun sejak dini ya, dengan mengenalkan membaca dan berteman dengan buku.

Namun, bagaimana jika anak sudah terlanjur malas? Orang tua tetap bisa membuat aktivitas menyenangkan. Ajak anak untuk belajar melalui video pembelajaran yang seru. Bisa juga dengan membuat kartu tanya jawab yang bisa diwarna. 

Setelah anak menjawab benar, beri mereka waktu untuk mewarnai lembar tersebut, dan masih banyak lagi aktivitas belajar menyenangkan yang bisa kamu lakukan bersama di rumah.

Cara Mengatasi Anak Malas Belajar (via Pintek)

2. Ciptakan Suasana yang Nyaman untuk Belajar

Setelah anak-anak merasa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan, selanjutnya orang tua harus menciptakan suasana belajar yang nyaman. Penuhi kebutuhan belajar anak mulai alat tulis hingga buku pendukung yang anak perlukan. Selain itu, atur posisi belajar anak agar postur tubuh tetap terjaga, seperti menyediakan meja dan kursi belajar yang sesuai. Semakin nyaman suasana belajarnya, anak akan semakin rajin dan suka untuk melakukan aktivitas tersebut.

Cara Mengatasi Anak Malas Belajar (via BIMBA AIUEO)

3. Mengatur Waktu Belajar yang Efektif

Cara mengatasi anak malas belajar berikutnya adalah dengan mengatur waktu belajar dengan baik. Orang tua tetap harus mengizinkan anak bermain di waktu bermain. Sehingga, ibu bisa membuat jadwal belajar, bermain dan istirahat agar semuanya dapat dijalankan dengan baik. 

Cara Mengatasi Anak Malas Belajar (via BIank Sinarmas)

4. Hargai Pencapaian Anak

Saat anak sudah menunjukkan minat belajar dan tidak lagi malas, hargai pencapaian anak sekecil apapun. Hal ini dapat memotivasi anak untuk terus melakukan kebiasaan belajar yang semakin membaik. Tidak perlu selebrasi khusus, orang tua bisa memberi alat tulis yang lucu atau buku berwarna yang diinginkan anak. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi anak  malas belajar. Jaga terus semangat anak untuk belajar dalam kurun waktu tertentu, misalnya hingga 1 bulan. Setelah sebulan, anak akan memiliki kebiasaan baru, yaitu lebih semangat dalam belajar.

Cara Mengatasi Anak Malas Belajar (via Sekolah Murid Merdeka)