6 Idol K-Pop Yang Rumahnya Didatangi Sasaeng, Stray Kids Hingga Haechan NCT Alami Tekanan Mental

6 Idol K-Pop yang rumahnya didatangi sasaeng, dari Stray Kids hingga Haechan NCT.

Haechan NCT mendadak jadi pembicaraan setelah agensinya, SM Entertainment merilis pernyataan akan mengambil tindakan tegas pada sasaeng fan yakni sebutan untuk fans K-Pop fanatik yang perilakunya kerap melebihi batas kewajaran atau terlalu terobsesi pada idolanya. 

Ternyata, hal ini karena ada sasaeng yang mendatangi rumah Haechan hingga membuat keluarga sang idol melapor ke polisi. Rupanya selain Haechan NCT, ada beberapa idol K-Pop lain yang terganggu usai rumahnya didatangi oleh sasaeng. Siapa saja idol K-Pop tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1. Haechan NCT

Haechan jadi salah satu member NCT yang mengalami gangguan dari sasaeng. SM Entertainment melaporkan pada November 2022, sasaeng masuk ke rumah Haechan yang ditinggali bersama keluarganya. Akibatnya, keluarga Haechan NCT merasa terganggu dan menderita tekanan secara mental. 

Sasaeng tersebut sudah dilaporkan kepada pihak berwajib. Mereka juga telah didakwa oleh jaksa namun pihak Haechan menyatakan tidak ingin mereka dituntut. SM Entertainment kemudian memperingatkan akan mengambil tindakan hukum terhadap sasaeng tanpa pandang bulu dan akan memiliki kebijakan tanpa toleransi terhadap mereka.

2. Jaejoong Eks TVXQ

Rumah Haechan NCT Didatangi Sasaeng (Twitter)

Mantan member TVXQ, Jaejoong sempat berurusan dengan fans obsesif yang menguntitnya selama 12 tahun berkarier. Parahnya, sasaeng tersebut bisa dengan mudah mendapatkan nomor ponselnya sampai berani masuk ke dalam dorm atau asrama termpat tinggalnya bersama member TVXQ lainnya.

Saesang itu pun sempat memfoto Jaejoong saat sedang tidur. Aksi ini masih tidak berhenti saat Jaejoong sudah tinggal sendiri. Sasaeng itu masih terus mengikutinya bahkan tinggal di dekat apartemennya untuk mengawasinya. Jaejoong pernah membawa polisi untuk menangkap seorang sasaeng yang mengganggunya.

Namun polisi mengatakan bahwa penguntit itu sebagai fans Jaejoong dan menyepelekan masalahnya. Akibat ulah sasaeng ini, penyanyi 37 tahun itu tidak pernah tenang di tempat tinggalnya sendiri. Jaejoong bahkan harus pindah rumah setiap 2 tahun dan sering beli mobil baru karena sasaeng itu selalu mengikutinya.

3. Stray Kids

Foto Jaejoong Tidur Yang Diambil Oleh Sasaeng (Kumparan)

Stray Kids juga pernah diganggu oleh sasaeng. Di tahun 2022, agensi mereka, JYP Entertainment mengumumkan bahwa member Stray Kids mengalami tekanan mental akibat perbuatan para penguntit. Agensi mengatakan sasaeng nekat menunggu, mengikuti, dan menyelinap ke gedung dorm Stray Kids.

Tidak hanya artisnya, para tetangga juga merasa terganggu dengan aksi para penguntit tersebut. Awalnya, JYP Entertainment hanya memberikan peringatan serta memasukkan nama-nama pelaku ke dalam daftar hitam agar tidak bisa lagi mengikuti kegiatan resmi Stray Kids sebagai fans.

Sayangnya, tindakan tegas JYP Entertainment itu tidak memberikan banyak pengaruh. Para sasaeng masih mengganggu para member. Akhirnya, agensi memutuskan untuk mengumpulkan bukti dan menyerahkan masalah ini ke pihak berwajib tanpa niat memberi keringanan hukuman. 

4. Rain

Member Stray Kids Alami Tekanan Karena Sasaeng (Twitter)

Di tahun 2020, Rain juga sempat memberikan peringatan keras pada sasaeng yang mendatangi rumahnya. Agensi yang menaungi Rain yakni Sublime Artist Agency pun menegaskan bakal mengambil tindakan hukum demi melindungi artisnya. 

Menurut agensi, tindakan sasaeng itu sudah membuat keluarga Rain ikut ketakutan dan merasa tidak nyaman di tempat tinggal mereka sendiri. Agensi juga menerangkan tidak akan memberi keringanan hukuman buat sasaeng yang berani menguntit dan merugikan Rain.

5. G-Dragon BIGBANG

Rain Peringatkan Sasaeng (Instagram)

Sasaeng pernah nekat berkemah di depan rumah G-Dragon BIGBANG hanya untuk sekadar bisa melihat sang idolanya walau hanya sesaat. Tak tinggal diam, rapper yang akrab disapa GD itu mengusir mereka dengan langsung meminta mereka menghentikan kelakuannya. 

GD mengatakan yang tinggal di rumahnya bukan hanya dia, tapi ada ibu dan juga kakak perempuannya. Aksi sasaeng itu ternyata sudah membuat ibu dan saudaranya ketakutan. Duh, ada-ada ya para sasaeng itu. Pantas G-Dragon BIGBANG sampai marah.

6. Nayeon TWICE

G-Dragon BIGBANG Usir Sasaeng (Twitter)

Nayeon TWICE pernah dihantui seorang sasaeng bernama Josh. Pria asal Jerman itu mengaku tergila-gila pada Nayeon. Pada 16 Oktober 2022, fans dibuat khawatir setelah Josh mengunggah video di YouTube-nya yang memperlihatkan dirinya di dekat apartemen Nayeon yang berlokasi di Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan.

Para penggemar semakin cemas saat Josh mengungkapkan kalau dia berusaha untuk masuk ke dalam tempat tinggal pelantun POP! tersebut. Tapi Josh mengatakan usaha itu gagal karena gedung apartemen Nayeon dikunci dengan kode. Josh juga mengatakan ada polisi yang berjaga di sekitar apartemen untuk melindungi Nayeon.

Seiring dengan itu, Josh merasa tidak terima disebut sebagai penguntit oleh JYP Entertainment. Josh mengklaim dirinya sebagai orang baik dan mengungkapkan jika JYP sudah menyampaikan informasi yang salah tentang dirinya.

Josh Terkenal Sebagai Sasaeng Nayeon TWICE (YouTube)