Miliki Banyak Manfaat, Bolehkah Mencuci Muka dengan Air Dingin?

Beberapa orang terbiasa mencuci muka dengan air dingin, bolehkah demikian? Lantas, apakah ada manfaat mencuci muka dengan menggunakan air dingin?

Mencuci muka adalah rutinitas yang wajib dilakukan agar kulit wajah senantiasa bersih dan sehat. Tidak hanya dengan air biasa, beberapa orang bahkan mencuci muka dengan air dingin. Bolehkah demikian?

Mengutip Halodoc, disebutkan bahwa mencuci muka dengan air dingin ternyata memiliki banyak manfaat, seperti mengecilkan pori-pori, menyegarkan wajah, menjadikan makeup lebih tahan lama, mengatasi pembekakan wajah, mencegah penuaan dini, dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Bolehkah Mencuci Muka dengan Air Dingin Setiap Hari?

Melihat dari semua manfaat tersebut, lantas bolehkah mencuci muka dengan air dingin setiap hari? Mengutip Healthline melalui Kompas, menurut Sophia Knaap, seorang ahli kosmetik berlisensi di lini perawatan kulit kenamaan, Oxygenetix, meski mencuci muka dengan air dingin memiliki banyak manfaat, namun ternyata rutinitas ini tidak selamanya efektif.

Ada beberapa kondisi yang justru menyebabkan munculnya masalah kulit dari metode mencuci muka ini. Hal ini disebabkan karena air dingin dapat mengencangkan pori-pori, sehingga bakteri dan kotoran dapat terperangkap di dalamnya.

Meski digadang-gadang memiliki banyak manfaat, ternyata mencuci muka dengan air dingin juga memiliki banyak kekurangan, di antaranya seperti tidak maksimal dalam membersihkan wajah, membuat kotoran terjebak di dalam pori-pori, dan tidak nyaman di kulit.

Mencuci Muka dengan Air Dingin (via Liputan6)

Cara Mencuci Muka dengan Air Dingin

Walau memiliki manfaat, namun segala sesuatu yang berlebihan hanya akan memberikan efek negatif. Lalu, bagaimana cara mencuci muka dengan air dingin yang benar? Nah, agar mencuci muka dengan air dingin lebih efektif untuk mempercantik wajah, maka kamu perlu melakukan cara yang benar untuk mencuci muka.

Untuk memulai rangkaian perawatan wajah, sebaiknya dimulai dengan mencuci muka dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, kamu bisa mulai mencuci wajah dengan menggunakan facial wash yang kandungannya sudah sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.

Mencuci Muka dengan Air Dingin (via CNN Indonesia)

Selesai dengan mengusapkan sabun cuci muka hingga merata ke seluruh wajah, barulah kamu bisa mengakhiri rutinitas mencuci muka ini dengan membilas wajah menggunakan air dingin. Tujuannya adalah agar pori-pori kembali mengencang dan sirkulasi darah di kulit wajah meingkat.

Nah, itu tadi penjelasan tentang boleh atau tidaknya mencuci muka dengan air dingin setiap hari. Sebaiknya rutinitas mencuci muka ini dilakukan setiap hari atau setidaknya dua kali sehari agar wajah selalu bersih dan sehat. Selain itu, beberapa skincare seperti pelembab dan sunscreen juga penting digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika ada masalah berarti, sebaiknya konsultasikan pada ahli kulit atau dokter.

 

Mencuci Muka dengan Air Dingin (via Gaya Tempo)