5 Minuman untuk Menaikkan Tekanan Darah, Penderita Hipotensi Wajib Coba!

Jika kamu memiliki hipotensi dan ingin menaikkan tekanan darah tanpa minum obat, kamu bisa mencoba minuman untuk menaikkan tekanan darah.

Jika kamu memiliki hipotensi dan ingin menaikkan tekanan darah, tidak melulu harus dengan cara mengonsumsi obat. Kamu bisa membuat minuman untuk menaikkan tekanan darah seperti jus alpukat atau minuman mengandung kafein. Selain kedua minuman tersebut, masih banyak minuman segar lain yang bisa membantumu meningkatkan tekanan darah saat sedang dalam kondisi hipotensi. Yuk, simak informasinya.

1. Jus Bayam

Minuman pertama yang bisa menaikkan tekanan darah adalah green smoothies menggunakan bayam. Bayam bagus untuk menaikkan tekanan darah karena kaya akan folat, zat besi, dan antioksidan. Untuk membuatnya menjadi smoothies, bayam perlu direbus terlebih dahulu karena kandungan folat dalam bayam rebus ternyata lebih tinggi dari bayam mentah. Campurkan buah yang asam seperti perasan air lemon, atau jeruk agar rasa smoothies lebih segar.

Minuman untuk Menaikkan Tekanan Darah (via Suara)

2. Jus Pepaya

Minuman segar selanjutnya untuk menaikkan tekanan darah adalah jus pepaya. Pepaya mengandung folat yang bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah. Pepaya juga mengandung antioksidan likopen yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Minuman untuk Menaikkan Tekanan Darah (via Dinas Ketahanan Pangan)

3. Minuman Mengandung Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Kafein memiliki efek meningkatkan tekanan darah karena dapat berikatan dengan reseptor adenosin yang akan mengaktifkan system saraf simpatik. Namun, kenaikan tekanan darah ini tidak sampai menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi, terutama bagi orang yang terbiasa minum kopi.

Minuman untuk Menaikkan Tekanan Darah (via Otten Coffee)

4. Jus Buah Bit

Selanjutnya ada jus buah bit yang bisa menaikkan tekanan darah. Buah bit mengandung folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah tubuh mengalami anemia, yang merupakan salah satu penyebab hipotensi atau darah rendah.

Minuman untuk Menaikkan Tekanan Darah (via detikFood)

5. Jus Alpukat

Minuman lainnya yang bisa menaikkan tekanan darah adalah jus alpukat. Alpukat kaya akan kalium dan folat yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya anemia. Seperti dijelaskan di atas, anemia merupakan salah satu penyebab darah rendah.

Selain mengontrol tekanan darah, kalium juga berfungsi untuk mengatur irama jantung agar tetap teratur. Karena banyak kandungannya yang baik bagi jantung, jus alpukat juga kerap disebut sebagai minuman penambah darah.

Itulah 5 minuman untuk menaikkan tekanan darah yang berguna bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah. Coba konsumsi secara teratur hingga tekanan darahmu normal, atau jika belum yakin coba berkonsultasi dengan ahlinya. Semoga bisa membantu.

Minuman untuk Menaikkan Tekanan Darah (via Masak Apa Hari Ini)