6 Manfaat Bayam Merah yang Bisa Kamu Temukan Bagi Kesehatan Tubuh

Ada berbagai manfaat bayam merah yang bisa kamu temukan bagi kesehatan tubuh, apa saja?

Selain bayam hijau, ternyata ada juga bayam merah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat bayam merah, selain tinggi antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, juga kaya serat yang mampu melancarkan pencernaan.

Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa kamu temukan dalam bayam merah sehingga bahan makanan ini bisa menjadi pilihan gaya hidup sehat. Apa saja? Berikut informasinya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin merupakan salah satu sel darah merah yang kaya akan kandungan zat besinya. Jenis sel darah ini punya fungsi penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, terutama paru-paru. Kekurangan hemoglobin, seperti pada orang yang memiliki anemia, dapat membuat kamu mudah lelah dan lemas. Nah, rutin mengonsumsi bayam merah memiliki khasiat dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Manfaat Bayam Merah (via IDN Times)

2. Mengendalikan Kolesterol dan Gula Darah

Bayam merah memiliki manfaat dan khasiat untuk penderita diabetes. Bayam merah disebut memiliki khasiat sebagai antidiabetes. Bayam merah juga memiliki khasiat sebagai antihiperlipidemik dan antioksidan berkat kandungan tanin serta polifenol yang mampu menjaga kadar trigliserida.

Manfaat Bayam Merah (via detikHealth)

3. Kaya Antioksidan

Bayam merah memiliki kandungan antioksidan polifenol yang tinggi yang akan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain bisa mencegah penyakit kronis, antioksidan juga baik untuk kesehatan kulit.

Manfaat Bayam Merah (via Halodoc)

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain kaya akan antioksidan, bayam merah juga mengandung vitamin C. Dalam 100 gram bayam merah, mengandung 62 miligram vitamin C yang dapat berperan untuk mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan ketika sedang sakit. Vitamin C juga bisa menangkal radikal bebas.

Manfaat Bayam Merah (via Manfaat)

5. Sumber Protein Nabati

Bayam merah merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram bayam merah, terkandung 2,2 gram protein nabati. Protein sendiri memiliki manfaat dalam menjaga otot, tulang, dan kulit. Selain itu protein memiliki fungsi memproduksi enzim dan hormon untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh.

Manfaat Bayam Merah (via KONTAN)

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bayam merah mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Dengan serat yang cukup, tubuh akan bebas dari sembelit. Selain itu serat dalam bayam merah mampu mencegah kanker usus besar.

Itulah 6 manfaat bayam merah yang ternyata sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Karena itu, boleh dicoba mulai dari sekarang memasukkan bayam merah dalam menu makanan harian kamu.

Manfaat Bayam Merah (via Gaya Tempo)