5 Tips Menjadi Pasangan yang Suportif, Dengarkan dan Beri Semangat

Mengapa tidak kamu mulai dengan menjadi seseorang yang suportif bagi pasanganmu. Begini lho caranya!

Memiliki pasangan yang suportif tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun alih-alih berharap pada pasangan, mengapa tidak kamu mulai dengan menjadi seseorang yang suportif bagi pasanganmu. Bagaimana caranya? Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung pasanganmu, berikut diantaranya:

1. Menjadi pendengar dan pemerhati yang baik

Menjadi pasangan suportif, berarti kamu akan mendukung usaha baik yang pasangan lakukan. Dalam prosesnya, kamu harus menjadi pendengar dan pemerhati yang baik. Dengarkan keluh kesah pasangan, perhatikan juga bagaimana suasana hatinya sehingga kamu bisa memutuskan bersikap seperti apa untuk menghadapi pasanganmu.

Misalnya saja pasanganmu terlihat lelah saat pulang bekerja, kamu bisa membantunya dengan menyiapkan kudapan hangat, atau air hangat untuk berendam. Setelah itu kamu bisa memberi pijatan lembut sambil mendengarkan apa yang ingin disampaikannya.

Tips Menjadi Pasangan yang Suportif (via Parent Talk)

2. Memberikan semangat

Menjadi pasangan yang suportif juga bisa dengan cara memberikan semangat. Pasanganmu akan menemukan kenyamanan dan kekuatan melalui kata-kata dan tindakanmu padanya. Ucapkan kata-kata positif dan menbangun agar pasanganmu memulai hari dengan keyakinan dan percaya diri.

Tips Menjadi Pasangan yang Suportif (via Fimela)

3. Percaya pada pasangan

Mempercayai pasangan merupakan salah satu bentuk dukungan yang bisa kamu berikan. Tunjukkan kepercayaanmu dalam bentuk tindakan, bukan hanya kata-kata. Misalnya saja dengan tidak terlalu mudah mencurigai pasangan saat sedang lembur di kantor, atau saat sedang menemui rekan kerja di luar jam kantor. Dengan kepercayaanmu, pasanganmu akan lebih nyaman melakukan kegiatannya.

Tips Menjadi Pasangan yang Suportif (via SehatQ)

4. Memberikan masukan dan kritik yang membangun

Cara menjadi pasangan yang suportif selanjutnya adalah dengan memberi masukan dan kritik yang membangun. Namun ingat, memberi masukan harus tahu waktu yang tepat. Pasanganmu bisa jadi tidak suka mendengar kamu terlalu terlibat dalam urusannya.

Namun tetap, kamu bisa memberi pasanganmu masukan-masukan saat dia membutuhkan, atau saat kamu merasa pasanganmu mungkin akan menjalani jalan penuh risiko dengan pilihannya sekarang.

Tips Menjadi Pasangan yang Suportif (via Kompas)

5. Memberikan ruang yang sehat dalam hubungan

Kamu dan pasangan juga memerlukan ruang masing-masing dalam hubungan. Membiarkan pasangan memiliki ruang bagi diri juga termasuk salah satu bentuk suport yang bisa kamu lakukan. Biarkan pasangan melakukan apa yang dia sukai selama masih baik bagi hubungan kalian.

Hal ini juga perlu dilakukan saat kamu dan pasangan sedang dalam pertengkaran. Dengan memiliki ruang pribadi yang sehat dalam hubungan, kamu dan pasangan akan kesempatan untuk memutuskan lebih bijak tentang kesulitan yang dihadapi setelah merenungkannya selama beberapa waktu.

Itulah 5 tips menjadi pasangan yang suportif. Coba praktikkan cara di atas, dan saling belajar seiring waktu bersama pasangan. Selamat mencoba!

Tips Menjadi Pasangan yang Suportif (via Detik)