Pejuang Diet Kumpul! Ini 3 Cara Mengontrol Nafsu Makan Agar Tidak Semakin Melar

Jika kamu menginginkan badan kamu tetap langsing dan sehat, kamu wajib mengetahui bagaimana cara mengontrol nafsu makan agar berat badan kamu tetap stabil.

Bagi sebagian orang, mengontrol nafsu makan merupakan salah satu tantangan tersendiri. Terlebih jika kamu adalah orang yang hobi makan. Nah, kalau kamu menginginkan tubuh yang langsing dan sehat, maka kamu harus tahu cara mengontrol nafsu makan agar badan nggak makin melar.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah mengendalikan nafsu makannya, namun ada pula orang yang sulit sekali menahannya, apalagi jika dihadapkan pada pilihan menu makanan yang enak.

Lantas, bagaimana ya cara mengontrol nafsu makan agar diet berhasil dan tubuh menjadi lebih langsing? Mengutip Alodokter, berikut beberapa cara ampuhnya.

1. Makan Perlahan

Sebagai informasi, tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memunculkan sensasi kenyang saat makan. Karena itu, makan perlahan akan memberikan banyak waktu untuk otak memproses dan mengirimkan signal kenyang. Hal ini tentu sangat efektif untuk membatasi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Dan dengan sendirinya, nafsu makan sudah kamu kendalikan.

Cara Mengontrol Nafsu Makan (via detikFood)

2. Banyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih bisa membantu menekan rasa lapar, sehingga keinginanmu untuk ngemil atau makan terus-menerus dalam jumlah besar akan terbatasi. Minum banyak air putih tidak hanya bisa membantu kamu mengontrol nafsu makan lho, tapi juga ampuh menurunkan berat badan dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Disarankan untuk minum air putih minimal 3 liter per hari untuk pria dan 2 liter per hari untuk perempuan.

Cara Mengontrol Nafsu Makan (via Asuransiku)

3. Jangan Melewatkan Sarapan

Meski terlihat sepele, namun sarapan itu penting lho. Tidak hanya membuat kenyang, namun sarapan akan membuat kamu tidak makan berlebihan saat siang.Pastikan porsi piring sarapanmu berisi makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks yang kaya serat, protein, dan sedikit lemak.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara mengontrol nafsu makan agar tubuh kamu tidak semakin melar. Semangat ya untuk para pejuang diet!

Cara Mengontrol Nafsu Makan (via iNews)