Kenapa Sih Kita Gak Boleh Mengidolakan Seseorang Secara Berlebihan? Inilah Beberapa Alasannya

Kenapa sih kita gak boleh mengidolakan seseorang secara berlebihan? Inilah beberapa alasannya

Mengidolakan seseorang emang hal yang wajar sih. Semua orang pasti punya orang lain yang mereka idolakan. Bahkan orang yang kita idolakan pasti punya idola juga.

Mengidolakan seseorang entah karena karakteristik, fisik, atau prestasinya, bikin kita gak terkontrol gengs. Mulai dari mimpi bisa ketemu langsung dengan mereka sampe mengikuti gaya berpakaian mereka. 

Bisa juga memajang foto mereka terus disembah-sembah. Ada juga loh yang begitu. Dan seterusnya yang bisa dibilang mereka amat berlebihan.

Padahal sebaiknya gak begitu. Terus, enapa sih kita gak boleh mengidolakan seseorang secara berlebihan? Inilah beberapa alasannya

Fans berat Justin Bieber~ (reddit.com)

#1 Mereka cuma manusia, bukan Tuhan


Orang yang kalian idolakan itu hanyalah manusia biasa gengs. Banyak loh di antara kita yang seolah-olah jadi "menyembah" mereka. Udah kayak Tuhan aja ya disembah-sembah ....

Sebagai catatan, mereka tuh cuma manusia biasa yang gak luput dari kesalahan. Simpel kan? Tapi, pernah gak kalian kepikiran ini?

Liat kan, mereka tuh cuma manusia biasa (freepik.com)

#2 Mereka juga bisa bikin kita kecewa loh


Karena mereka manusia biasa, mereka tentu saja tidak sempurna. Mereka juga bisa aja melakukan sesuatu yang gak sesuai dengan keinginan kalian.

Jika suatu hari dia melakukan sebuah kesalahan, kalian yang mengidolakan mereka secara berlebihan bakal kecewa banget tuh. Makanya, biasa-biasa ajalah gengs.

Apa tanggepan kalian tentang kasus yang doi alami? (eonline.com)

#3 Kalian bisa aja ngebelain meski berbuat salah


Saat kita mengidolakan orang, kita seolah-olah jadi bagian dari dirinya tuh. Nah, gak sedikit orang yang ngefans tapi malah ngebelain mati-matian idolanya meski mereka berbuat salah gengs.

Jika idola kalian berbuat salah dan kalian terus membuat pembelaan, bukankah kalian bakal ikut kena masalah juga nantinya?

Kalo ngeliat ini, kalian gimana? (kpopchart.com)

4. Kalian bisa kehilangan jati diri juga


Ngefans sama seseorang oke-oke aja, tapi kalo terlalu fanatik emang berbahaya. Kalian bisa kehilangan jati diri karenanya loh. Kok bisa?

Ya bisa aja. Yang paling umum misalnya mengikuti selera fashion mereka. Jika mereka punya barang-barang mahal atau penampilannya kece, terus mau kalian ikutin sepenuhnya gitu?

Kalo iya, selamet deh ... kalian bakal susah sendiri dan kehilangan jati diri kalian.

Kayak gini tuh kehilangan jati diri gak sih? (japaninfo.com)

5. Kalian bisa melakukan berbagai hal yang gak wajar loh


Saat kalian jadi fans berat, kalian akan punya kecenderungan untuk melakukan tindakan-tindakan yang gak wajar loh. Misalnya, mungkin aja temen kalian, atau kalian sendiri, merasa bahwa idola kalian itu "punya" kalian.

Di dunia ini, makin banyak aja nih orang yang begini. Kalian juga pasti pernah denger kan berita tentang orang yang rela operasi plastik biar mirip sama idolanya. Ngapain coba sampe setotal itu?

Udah deh, mulai sekarang ... ngefans sama orang lain boleh-boleh aja. Tapi tolong lakukanlah sewajarnya. Jangan sampe merugikan diri kalian sendiri ya.

Banyak deh tingkah laku gak wajar dari seorang fans berat (freepik.com)