Wajib Tahu, Ini 5 Trik Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang

Cara hemat ala ibu rumah tangga Jepang berikut ini telah terbukti membantu menjaga kestabilan kondisi keuangan keluarga. Yuk simak!

Sebagai ibu rumah tangga, kita memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola kondisi keuangan keluarga. Agar tidak menjadi besar pasak daripada tiang, perlu sekali menerapkan pola hidup hemat.

Salah satu cara yang bisa ditiru adalah cara berhemat ibu rumah tangga di Jepang. Para ibu rumah tangga di Jepang terkenal sangat berhati-hati pada setiap pengeluaran mereka. Bagaimana caranya? Berikut 5 trik hemat ala ibu rumah tangga Jepang:

1. Membuat Anggaran Bulanan

Para ibu di Jepang sudah terbiasa membuat anggaran bulanan secara rutin. Catatan anggaran ini dikenal dengan istilah kakeibo. Pencatatan ini dimulai dari pengeluaran rutin, seperti biaya sewa tempat tinggal dan uang cicilan rumah. Dialokasikan juga dana tabungan yang tetap sedari awal, jadi tabungan bukannya menunggu adanya uang sisa.

Nantinya, selisih pendapatan total dengan pengeluaran rutin dan dana tabungan akan dialokasikan untuk pengeluaran kategorial. Kategori tersebut terdiri atas kebutuhan primer (makanan, minuman, transportasi, dan obat-obatan), kebutuhan sekunder (seperti belanja), kebutuhan tersier (seperti bioskop), dan biaya tak terduga (seperti perbaikan rumah).

Uniknya, para ibu Jepang ini memasukkan uang tunai senilai jumlah pengeluaran ke dalam amplop terpisah. Jadi mereka hanya akan membelanjakan uang di amplop yang sesuai.

Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang (via Cantika)

2. Membuat Daftar Belanja

Sebelum berbelanja, para ibu rumah tangga di Jepang selalu ketat dengan aturan ini, yakni membuat daftar sebelumnya. Cara ini efektif untuk menekan pengeluaran karena akan menjauhkanmu dari godaan diskon barang yang tidak diperlukan. Kamu tidak akan memasukkan barang ke keranjang belanja jika tidak ada dalam daftar tersebut. Selain itu cara ini membantu supaya tidak ada barang yang tertinggal dibeli.

Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang (via Bank Sinarmas)

3. Membandingkan Harga

Cara lain yang penting adalah membandingkan harga. Kebanyakan ibu rumah tangga di Jepang tidak selalu membandingkan harga produk sebelum memutuskan membeli. Mereka melakukan hal tersebut karena ingin mendapatkan harga jual terbaik. Kamu bisa meniru cara ini untuk menghemat beberapa puluh ribu dari selisih harga produk.

Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang (via IDN Times)

4. Memasak Sendiri

Pasti kamu pernah mendengar istilah bento. Bento merupakan istilah Jepang untuk makanan bekal berupa nasi beserta lauk-pauk yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di mana saja.

Ciri khas dari Bento adalah memiliki tata letak dan warna dari susunan lauk-pauk menarik. Kamu bisa mengikuti ide tersebut dengan menyiapkan bento sendiri. Terbukti, memasak sendiri akan lebih menghemat pengeluaran dibanding dengan membeli matang.

Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang (via Japanese Station)

5. Menyimpan Kembalian

 

Banyak yang meremehkan uang kembalian, namun tidak dengan ibu-ibu di Jepang. Mereka sudah terbiasa memasukkan uang koin sisa uang belanja ke dalam celengan atau wadah khusus untuk uang recehan tersebut. Bayangkan berapa yang bisa dikumpulkan dalam setahun jika setiap hari kamu menyimpan uang kembalian belanjamu?

Nah, itu tadi 5 cara hemat ala ibu rumah tangga Jepang. Tepat sekali kamu terapkan di situasi ekonomi yang serba tidak menentu ini. Siapa tahu bisa membantu kondisi keuanganmu menjadi lebih sehat kedepannya.

Hemat ala Ibu Rumah Tangga Jepang (via theAsianparent)