Inspirasi Model Rok Kebaya Kekinian, Cara Sat-set untuk Tampil Anggun

Ternyata ada beragam model rok kebaya kekinian yang bisa kamu terapkan dalam berbagai acara, lho! Yuk simak inspirasinya!

Adakah model rok kebaya yang simpel namun tetap terlihat anggun? Faktanya, ketimbang menggunakan kain panjang, saat ini banyak orang lebih memilih menggunakan rok sebagai bawahan untuk kebaya maupun pakaian adat. Selain lebih mudah dan cepat digunakan, desainnya pun juga sangat beragam sehingga kamu takkan khawatir mati gaya.

Bahkan jika bosan dengan model yang dijual di pasaran, kamu bisa mendesain bawahan sendiri sesuai konsep dan seleramu. Meski demikian, di tengah banyaknya produk dan gaya, mungkin tidak mudah menemukan model yang cocok. Nah, untuk yang sedang mencari inspirasi model rok kebaya untuk acara terdekat, coba simak beberapa ide di bawah ini!

1. Rok Span dengan Motif Etnik

Cara paling mudah memadukan kebaya adalah menggunakan rok span yang telah didesain sedemikian rupa sehingga tampak seperti jarik. Rok span yang memiliki model lurus dari atas ke bawah akan terlihat mirip dengan kain panjang tradisional.

Agar terlihat semakin anggun, kamu bisa memilih motif batik atau gambar-gambar etnik yang menguatkan kesan tradisional. Rok span ini bisa dengan mudah didapatkan di toko dengan berbagai model. Cara pemakaiannya pun praktis dan pastinya menghemat waktu.

Model Rok Kebaya (via Pinterest/@Sundari)

2. Model Belah Paha Samping

Untuk kamu yang ingin menonjolkan kaki jenjang saat momen, coba deh model rok belah paha samping seperti pada gambar di atas. Bawahan didesain seolah seperti kain panjang yang dibebatkan, sehingga menampilkan bagian kaki saat berjalan. Penggunaan kain jarik sebagai bahan akan membuat penampilanmu semakin sempurna.

Walaupun memiliki belahan yang cukup tinggi, kamu tak perlu khawatir mengalami wardrobe malfunction yang menampilkan area pribadi. Bagian atas belahan telah dijahit dengan sangat apik dan rapi sehingga membuatmu tetap nyaman. Gunakan kebaya yang pressed-body untuk membuatmu semakin memukau. Selain cocok acara wisuda, desain rok ini juga cocok untuk lamaran, bridesmaid, bahkan dikenakan oleh pramugari di beberapa maskapai.

Perlu diketahui bahwa desain belah paha maupun belah betis sangat fleksibel dan bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Kamu bisa menentukan panjang belahan dan posisinya bisa berada di samping atau belakang.

Model Rok Kebaya (via Pinterest Popbela)

3. Rok Batik Lilit

Desain lain yang tak kalah menarik adalah rok lilit yang mempercantik penampilanmu dengan kebaya. Seperti pada gambar di atas, bawahan dibuat seolah sebuah kain panjang yang dibebatkan pada pinggang, dengan sisa kain dijatuhkan pada bagian depan (atau posisi lain yang disukai.

Model rok mirip kain lilit ini juga bisa kamu sesuaikan panjangnya, namun entah panjang atau pendek, desainnya akan tetap sempurna. Jangan lupa menambahkan hiasan, bros, atau aksesoris lain untuk mempercantik penampilanmu. 

Model Rok Kebaya (via Pinterest/@anantabatik)

4. Rok Kebaya dengan Wiru

Menggunakan rok dengan model wiru memang bukan hal yang baru, namun selalu berhasil menampilkan nuasan klasik dan anggun. Lipatan kain tak hanya mempermudah ruang gerak saat berjalan, namun juga menjadi pemanis yang bakal meningkatkan keanggunanmu.

Model wiru pada umumnya cocok dipadukan dengan berbagai model kebaya. Namun untuk memaksimalkan eksposure bagian wiru, kamu bisa menggunakan kutubaru dengan stagen di bagian pinggang. Agar lebih manis, coba gunakan sepatu hak tinggi yang membuatmu nampak semakin elegan.

Wah, ternyata ada banyak inspirasi model rok kebaya kekinian yang bisa mendukung penampilanmu saat menghadiri berbagai acara. Kamu tinggal memilih desain yang sesuai dengan bentuk tubuh dan konsep acara. Cocok banget untuk yang maunya sat-set sat set dan enggak mau ribet!

Model Rok Kebaya (via Popbela)