Bisa Lancarkan Persalinan, Ini 4 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Banyak sekali manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah menjelang persalinan. Apa saja?

Apa sih manfaat sari kurma untuk ibu hamil? Perlu diketahui bahwa buah kurma merupakan salah satu buah dari Persia yang mengandung banyak sekali zat-zat baik seperti magnesium, fosfor, zinc, selenium, dan mangan. Begitu juga dengan sari kurma, banyak sekali manfaat sari kurma untuk kesehatan, terlebih untuk ibu hamil.

Seperti yang diketahui bahwa ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi yang berguna untuk perkembangan janin dalam perut. Salah satu cara memenuhinya adalah dengan mengonsumsi sari kurma.

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam sari kurma, yakni magnesium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin K. Lantas, apa saja manfaat sari kurma untuk ibu hamil? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia. Sebab kebutuhan zat besi ibu hami meningkat, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Karena itu, mengonsumsi sari kurma sangat disarankan pada ibu hamil, sebab dapat mengurangi risiko anemia.

Dengan mengonsumsi sari kurma, produksi sel darah merah akan terus meningkat, sebab terdapat kandungan zat tembaga dalam sari kurma. Hal ini akan bermanfaat untuk peredaran sari makanan, oksigen, pertumbuhan janin, dan menyehatkan calon ibu.

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil (via Ibu dan Balita)

2. Mencegah Infeksi Kehamilan

Bisa dibilang bahwa kehamilan adalah masa yang cukup rentan bagi perempuan. Pasalnya, penyerapan nutrisi oleh janin akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang berbagai gangguan kesehatan.

Karenanya, saat hamil sistem imun ibu dan janin harus ditingkatkan, hal tersebut bisa mencegah terjadi infeksi virus bakteri dan patogen saat kehamilan. Karena itu, mengonsumsi sari kurma sangat disarankan sebab dapat menjaga daya tahan tubuh ibu hamil selama kehamilan.

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil (via Popmama)

3. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Selain dua manfaat sebelumnya, sari kurma juga sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko cacat lahir bagi janin. Sebab, sari kurma mengandung asam folat yang menjadi salah satu nutrisi penting bagi perkembangan janin dalam perut ibu.

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil (via Aido Health)

4. Melancarkan Persalinan

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh ibu hamil jika mengonsumsi sari kurma adalah memperlancar proses persalinan. Selain berolahraga, ibu hamil juga bisa rutin mengonsumsi sari kurma untuk mendukung stamina sebelum proses persalinan tiba. Kandungan dalam sari kurma dapat menghasilkan hormon oksitosin yang menguatkan otot kontraksi saat ibu hamil menjalani proses persalinan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat sari kurma untuk ibu hamil[2]. Cobalah untuk mengonsumsi dengan jumlah yang cukup sehingga dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin hingga proses persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil (via Mama Papa)