Kenapa Ya, Orang Jaman Dulu Gak Pernah Senyum Pas Difoto? Ini Alasannya...

Pernah ngeliat foto-foto jadul kan? Pernah bertanya-tanya gak, kenapa orang jaman dulu gak pernah senyu pas difoto? Alasannya tuh begini gengs....

Gengs, kalian pasti pernah ngeliat foto-foto jadul kan? Apa sih pendapat kalian tentang foto-foto jadul? 

Sebagian dari kalian mungkin berpedapat kalo foto jadul tuh ya hitam-putih aja. Minim gaya. Tapi gaya busananya kece banget, beberapa aksesoris, gaya rambut, dan lain-lain juga bisa bikin kalian mupeng tuh. Iya gak? Hehehe.

Satu hal lagi nih, kalian sadar gak sih kalo foto-foto orang jaman dulu tuh gak ada yang pernah senyum. Kalo gak percaya, cek aja semua foto jaman dulu. Apalagi yang masih hitam-putih lho ya.

Buat kalian yang penasaran alasannya, majalah Time via Liputan6.com pernah bikin ulasannya. Simak deh alasan kenapa orang jaman dulu gak pernah senyum pas difoto.

1. Soalnya, proses ngambil fotonya tuh lama...

Masyarakat jaman dulu tuh harus menunggu lama untuk sebuah pengambilan gambar. Mereka harus dandan, pake pakaian bagus, menghadap kamera dengan tampang kaku, terus dijepret.

"Jika kita melihat proses awalnya, itu akan sangat rumit. Hal yang paling lama untuk dilakukan adalah proses pengaturan cahaya," kata Todd Gustavsson, seorang kurator teknologi dari Museum George Eastman.

Jadi wajar deh, prosesnya lama karena teknologi di jaman itu belum mumpuni banget untuk bisa foto berulang kali. Karena prosesnya lama, ya jadi susah deh mau senyum pas difoto.

Beda sama kegiatan foto di jaman sekarang yang bisa berkali-kali di mana aja dan kapan aja. Kita juga bisa senyum sampe gigi kita kering.

Liat aja tuh, ribet banget pake diukur-ukur segala (servatius.blogspot.com)

2. Soalnya, kondisi gigi di jaman itu, buruk...

Besar kemungkinan kenapa orang jaman dulu gak pernah senyum pas difoto tuh ya karena masalah kesehatan gigi.

Angus Tremble, Direktur National Potrait Gallery di Australia menyatakan bahwa hal itu ada benarnya. Direktur yang juga penulis buku "A Brief History of the Smile" ini menjelaskan kalo seseorang yang mengalami masalah pada gigi cenderung untuk menutup mulutnya saat difoto.

Menurut Tremble itu normal, semua orang akan melakukan itu. Meski begitu, banyak orang yang tak sependapat dengan pernyataan Tremble ini.

Tuh liat, pada mingkem semuwah! (ppibelanda.org)

3. Soalnya, gak pengin merusak hasil foto...

Proses pengambilan foto buat orang jaman dulu adalah pengalaman langka gengs. Berfoto bersama, sendiri, dengan keluarga, atau untuk acara tertentu juga tergolong mahal.

Kalian boleh tanya kakek-nenek kalian deh soal ini. Soalnya, jaman dulu, orang bisa berfoto mungkin cuma sekali seumur hidupnya. Lagian, foto jadul cuma dilakukan di dalam studio, dan itu gak murah.

Apalagi kalo fotografernya disewa tenaganya untuk keluar dari studionya. Lebih mahal lagi kayaknya.

Nah, untuk meminimalisir kesalahan dalam pengambilan foto, mereka gak bakal senyum gengs. Semua harus tegap menghadap kamera kayak foto KTP atau SIM. Kalo salah satunya senyum, bahaya... ya ngulang lagi deh.

Gak senyum emang, tapi kece banget hasilnya (tugassekolah.com)

4. Soalnya, senyum dianggep gak sopan(?)

Buat kaum bangsawan jaman dulu, senyum tuh dianggep gak sopan. Padahal, senyum kan menandakan keramah-tamahan ya, atau suasana hati yang baik, dan seterusnya.

Pendapat ini ditegaskan oleh Christina Kotchemidova, seorang profesor yang mempelajari budaya dan komunikasi tentang sejarah senyuman dalam fotografi.

Menurutnya, fotografi buat orang jaman dulu itu seperti halnya seni lukis. Sebuah cabang seni yang harus digarap dengan serius, makanya gak boleh senyum.

Maka dari itu, fotografer studio kelas atas akan mengabadikan gambar dengan elegan. Sang juru foto juga akan mengarahkan subjek foto untuk berperilaku dan menghasilkan ekspresi yang tenang.

Katanya sih foto senyum tuh gak sopan (en.wikipedia.org)

5. Soalnya, ada anggapan, senyum saat berfoto hanya dilakukan kalangan rendah

Senyum saat berfoto kan udah dianggep gak sopan tuh. Tapi di balik itu, senyum juga dianggap hanya dilakukan oleh kalangan rendah. Hmm....

Sebenernya, kalangan atas, entah bangsawan, ningrat, atau aristokrat, adalah panutan semua orang. Nah, sebuah keluarga dari kalangan tertentu mengikuti dan menumbuh-suburkan kebiasaan yang dianggap berkelas oleh kalangan atas ini. Ya, tidak senyum pas difoto.

Wibawa kaum-kaum kelas atas itu ditunjukkan dengan tidak tersenyum. Logis juga sih, bisa aja fotografer yang biasa dibayar mahal oleh mereka menjadikan itu sebagai tren berfoto orang-orang jaman dulu.

Padahal jadinya mah kaku banget ya, tapi kece banget.

Nah, itu dia sejumlah alasan kenapa orang jaman dulu gak senyum pas difoto. Jaman udah berubah, semua orang senyum di jaman kita sekarang. Makanya senyum gengs.

Tuh... mana ada yang senyum? (okezone.com)