5 Arti Memakai Cincin di Jari Tangan yang Belum Banyak Orang Tahu

Ada banyak arti memakai cincin di jari tangan yang selama ini dipercaya masyarakat. Pahami maknanya agar tidak ada yang salah paham kepadamu!

Ada banyak arti memakai cincin di jari tangan yang selama ini dipercaya masyarakat. Bukan sekedar perhiasan yang dipakai untuk mempercantik penampilan, ada berbagai makna yang terkuak dari penggunaan benda ini. Bahkan cincin tersebut memang sengaja dipakai untuk menunjukkan sebuah status.

Hal yang paling sering umum terjadi adalah ketika seseorang menggunakan cincin di jari manisnya. Biasanya hal ini menandakan bahwa orang tersebut sudah menikah atau bertunangan.

Tentunya tidak hanya cincin pada jari manis yang memiliki makna tersendiri. Namun di lima jari yang lain, cincin juga bisa menandakan sesuatu. Lantas, apakah arti memakai cincin pada setiap jari? Mengutip dari Mondial Jewele, berikut ini penjelasannya.

1. Cincin di Jari Kelingking

Perlu diketahui bahwa pada abad 19 sampai abad 20-an, pemakaian cincin di jari kelingking merupakan lambang status pernikahanan pada pria. Namun seiring dengan berjalannya waktu, arti memakai cincin di jari tangan kelingking sudah jarang ditemukan.

Justru pemakaian cincin pada jari kelingking lebih sering dilambangkan sebagai mafia. Meski dalam mitologi Yunani, pemakaian cincin di jari kelingking berarti cinta sejati dan kreativitas.

Arti Memakai Cincin di Jari Tangan (Wolipop)

2. Cincin di Jari Manis

Selanjutnya, pemakaian cincin di jari manis merupakan hal yang paling banyak ditemui. Seperti dikatakan sebelumnya, pemakaian cincin pada jari manis sering dilakukan untuk menunjukkan status pernikahan atau pertunangan. Tentu saja hal ini merupakan lambang romantisme dan keseriusan sebuah hubungan cinta antara dua insan untuk lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, yakni rumah tangga.

Dalam budaya Inggris, cincin di jari manis tangan kiri menjadi penanda seorang perempuan sudah terikat pertunangan. Dan di negara Barat khususnya Amerika Serikat, bisa melambangkan status pernikahan atau pertunangan.

Namun di Negara Asia, orang yang sudah menikah akan memakai cincin pada jari manis tangan kanannya. Dan dalam mitologi Yunani, pemakaian cincin di jari manis melambangkan cinta sejati dan kreativitas.

Arti Memakai Cincin di Jari Tangan (Tribunnews)

3. Cincin di Jari Tengah

Pemakaian cincin di jari tengah juga memiliki pemaknaan tersendiri lho. Dalam mitologi Yunani, jari tengan melambangkan keseimbangan. Dan seseorang yang memakai cincin pada jari tengahnya sebenarnya tidak memiliki makna khusus.

Namun seseorang yang memakai cincin pada jari tengahnya menunjukkan kecantikan perhiasan. Meski tidak semua memberikan penilaian yang sama, namun seorang perempuan yang memakai cincin di jari tengahnya dianggap sebagai orang yang bijak dalam pengambilan keputusan.

Arti Memakai Cincin di Jari Tangan (V&Co Jewellery)

4. Cincin di Jari Telunjuk

Makna keempat, seseorang yang memakai cincin di jari telunjuk sering dianggap sebagai kaum bangsawan atau kerajaan. Hal ini dikarenakan jari telunjuk melambangkan sikap penuh ambisi, kepemimpinan, dan rasa percaya diri yang tinggi.

Namun dalam perkembangannya, banyak orang awal yang memakai cincin di jari telunjuk dan hanya dijadikan sebagai pelengkap penampilan agar terlihat lebih fashionable.

Arti Memakai Cincin di Jari Tangan (Aurum Lab)

5. Cincin di Ibu Jari

Terakhir adalah pemakaian cincin di ibu jari atau jempol. Ibu jari merupakan jari dengan lingkar paling besar dibanding jari lainnya. Karena itu, dibutuhkan material yang lebih banyak untuk menghiasinya. Misalnya logam mulia atau berlian.

Karena itu, dalam mitologi Yunani, ibu jari merupakan simbol kekuatan, tekad yang kuat, dan penonjolan diri. Karena itu, seseorang yang memakai cincin pada ibu jari selalu diartikan bahwa orang tersebut berasal dari kalangan elit, kelas atas, atau orang kaya.

Nah, itu tadi lima arti memakai cincin di jari tangan yang belum diketahui orang. Jadi jangan sembarangan memakai perhiasan ini ya. Bisa-bisa disalahartikan oleh orang lain dan bisa merugikan dirimu sendiri!

Arti Memakai Cincin di Jari Tangan (IDN Times)