4 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah, Sudah Tahu Belum?

Segera hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah berikut ini agar kamu tetap dapat mempertahankan kesehatan kulit lebih lama!

Segera hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah! Semua perempuan pasti ingin memiliki kulit wajah yang mulus, putih, dan sehat. Tapi tahu nggak sih kalau ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit, namun sayangnya tidak banyak perempuan yang sadar akan hal tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum kalau paparan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi hingga sinar matahari bisa merusak kulit. Namun ternyata tidak hanya faktor tersebut lho yang merusak kulit. Beberapa kebiasaan ini tanpa kamu sadari bisa membuat kulit kamu rusak. Lantas apa saja sih kebiasaan tersebut? Yuk, cek info selengkapnya berikut ini.

1. Keseringan Cuci Muka

Mencuci muka memang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan kulit sekaligus menghindari berbagai masalah akibat kuman. Namun jika dilakukan secara berlebihan juga nggak baik pada akhirnya.

Terlalu sering mencuci wajah akan membuat kulit kamu kering karena kehilangan minyak alami wajah. Alhasil, kulit wajah akan kehilangan kemampuan untuk melawan pengaruh buruk lingkungan serta membuatnya jadi kering dan rentan. Jadi sebaiknya, kamu cukup cuci muka sebanyak 2 kali dalam sehari.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah (via Liputan6)

2. Lupa Menggunakan Sunscreen

Bukan sekedar gaya-gayaan, sunscreen digunakan dengan tujuan agar kulitmu terlindung dari sinar matahari yang bisa merusak kulit. Kalau kamu sampai lupa menggunakan sunscreen, maka kulit kamu tidak akan terlindung dan bisa mengalami kerusakan jangka panjang. Ancaman penuaan dini hingga kanker kulit bakal membayangimu!

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah (via Kompas)

3. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi Wajah

Melakukan eksfoliasi wajah memang baik karena berguna untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Namun, eksfoliasi berlebihan juga bisa merusak lapisan pelindung kulit dan mengganggu kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan alaminya. Selain itu, eksfoliasi yang terlalu kasar juga bisa menimbulkan iritasi hingga kerusakan pada kulit.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah (via WikiHow)

4. Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Terlalu sering menyentuh wajah juga termasuk kebiasaan buruk yang harus kamu hindari. Sebab, tangan bisa menjadi sarang kuman, dan terlalu sering menyentuh wajah dapat menyebabkan kuman dan bakteri di tangan berpindah ke wajah kamu. Jadi nggak heran kalau kulit wajah kamu jadi rusak dan mengalami berbagai masalah seperti jerawat, iritasi, dan lain-lain.

Nah, itu tadi empat kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajah. Faktanya, hal-hal di atas cukup sering dilakukan perempuan tanpa sadar telah menciptakan masalah untuk kemudian hari. Kamu masih sering melakukannya juga nggak? Jika iya, yuk segera hentikan sekarang juga!

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah (via Kompas)