Hidup Jadi Lebih Tenang, Begini Cara Mengatasi Kegelisahan yang Berlebihan

Bagaimana cara mengatasi kegelisahan yang berlebihan? Yuk simak ulasan berikut ini agar pikiranmu cepat tenang.

Bagaimana cara mengatasi kegelisahan yang berlebihan? Banyak hal dalam hidup yang menjadi penyebab munculnya rasa gelisah. Jika kamu merasakan hal serupa, sebaiknya segera cari tahu cara mengatasi kegelisahan agar tidak berlarut-larut dan mengakibatkan gangguan mental atau memperburuk kesehatan.

Kalau kamu masih belum tahu bagaimana mengatasinya, coba terapkan cara-cara berikut ini. Siapa tahu bisa membantu kamu menghilangkan rasa gelisah yang kerap menggagumu. Apa saja?

1. Tenangkan Pikiran

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kegelisahan adalah dengan belajar menenangkan pikiran. Kamu bisa mendapatkan pikiran yang tenang melalui cara meditasi rutin. Melalui meditasi, kamu akan mendapat keseimbangan hidup. Sebab pikiran negatif yang berada dalam diri akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Kegelisahan yang Berlebihan (via Halodoc)

2. Jangan Peduli dengan Omongan Orang Lain

Terkadang rasa gelisah muncul karena kamu terlalu memikirkan apa yang dikatakan orang lain. Padahal perkataan tersebut belum tentu benar. Nah, untuk menghindari kegelisahan, sebaiknya jangan telan mentah-mentah perkataan negatif orang lain. Abaikan perkataan mereka, agar hidupmu jadi lebih berkembang.

Cara Mengatasi Kegelisahan yang Berlebihan (via Kompas)

3. Jangan Sering Main Media Sosial

Berselancar di dunia maya memang bisa menjadi hiburan tersendiri. Namun jangan terlalu sering ya. Sebab terlalu sering berselancar di media sosial akan memicu rasa anxiety, yakni gangguan mental yang menyebabkan rasa cemas dan takut berlebih.

Cara Mengatasi Kegelisahan yang Berlebihan (via Berkeluarga)

4. Perbanyak Aktivitas yang Positif

Cara selanjutnya untuk mengatasi rasa gelisah adalah dengan memperbanyak aktivitas positif. Cara ini biasanya cukup ampuh, karena kamu lebih fokus pada kegiatan positifmu hingga lupa dengan rasa gelisah yang kamu rasakan sebelumnya. Contoh kegiatan positif tersebut, seperti berolahraga, hobi, memasak, menulis, bernyanyi, dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi kegelisahan berlebihan. Jangan biarkan rasa gelisah menguasai dirimu. Karena kamu berhak mendapatkan ilmu yang tenang dan damai.

Cara Mengatasi Kegelisahan yang Berlebihan (via Anlene)