Pecinta Kuliner Wajib Coba, Ini Lho 4 Makanan Khas Semarang yang Sukses Bikin Ngiler

Lupakan diet, coba semua makanan khas Semarang yang sukses membuat ngiler dan akan nyesel jika melewatkan itu semua.

Mampir ke Kota Semarang tentu belum lengkap kalau enggak mencicipi makanan khas Semarang yang selalu bisa bikin ngiler. Pasalnya, Semarang memiliki beragam makanan khas yang wajib dicoba para pecinta kuliner.

Nah kalau kamu berencana akan berkunjung ke Kota Semarang, jangan lupa cicipi beberapa makanan khas Semarang berikut ini ya. Dijamin bikin kangen Semarang terus deh!

1. Garang Asem

Makanan khas Semarang pertama adalah Garang Asem. Makanan enak ini berisi ayam dengan kuah santan yang gurih lengkap dengan belimbing wuluh dan cabai yang bikin makin lezat.

Kalau biasanya makanan berkuah dimasak dalam panci, namun berbeda dengan Garang Asem yang dibungkus dengan daun pisang terlebih dahulu kemudian dikukus. Selain enak dimakan dengan nasi hangat, Garang Asem juga enak kalau dimakan dengan tempe goreng, jeroan ayam, dan perkedel.

Makanan Khas Semarang (via Cookpad)

2. Soto Bangkong

Selain Garang Asem, kamu juga wajib nih mencicipi Soto Bangkong yang memiliki kuah berwarna bening kecoklatan. Soto ini biasanya disajikan dalam mangkuk kecil tinggi yang berisi suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun, dan enggak lupa taburan bawang merah goreng di atasnya. Untuk menambah rasa, kamu bisa menyantapnya dengan sate ayam, perkedel, sate telur puyuh, sate kerang, tahu, dan tempe.

Makanan Khas Semarang (via Tribun)

3. Lumpia Semarang

Kalau makanan yang satu pasti sudah banyak yang tahu. Makanan yang dibuat dari adonan tepung dan diberi isian berupa daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, kecap, sayuran, serta rebung ini memang enak banget. Apalagi kalau dimakan dalam keadaan hangat.

Makanan Khas Semarang (via Solopos)

4. Roti Ganjel Rel

Terakhir adalah Roti Ganjel Rel. Dari namanya sih memang unik banget yam tapi rasanya bikin enggak bisa lupa. Roti ini berbentuk seperti alat musik gambang dengan bentuk kotak warna cokelat bertabur wijen di sekelilingnya. Karena itulah, roti ini juga bisa disebut dengan roti gambang.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Semarang yang wajib kamu cobain ketika berkunjung ke Semarang. Lupakan diet deh, karena rugi banget kalau ke Semarang tanpa mencicipi makanan khasnya.

Makanan Khas Semarang (via PENGDA KOTA SEMARANG)