3 Ciri Khas Masakan Indonesia yang Jarang Disadari, Sudah Tahu Belum?

Tahukah kamu apa ciri khas masakan Indonesia? Yuk cari tahu ulasan lengkapnya berikut ini!

Tahukah kamu apa ciri khas masakan Indonesia? Kuliner Tanah Air memang bermacam-macam, tapi pernah nggak kamu menyadari kalau ada ciri tersendiri di setiap masakannya. Ciri inilah yang membuat kamu bisa langsung mengenali kalau makanan tersebut berasal dari Indonesia.

Ciri khas makanan Indonesia tersebut dipengaruhi oleh keberagaman suku dan daerah yang ada di Indonesia. Kalau kamu masih belum tahu apa saja ciri khas masakan Indonesia, merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa ciri khasnya. Apa saja?

1. Mengandung Banyak Rempah

Ciri khas masakan Indonesia yang pertama adalah mengandung banyak bumbu rempah-rempah. Rempah-rempah yang dimaksud antara lain seperti sereh, kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, kencur, ketumbar, merica, dan masih banyak lagi. Bumbu-bumbu inilah yang menjadikan masakan Indonesia memiliki aroma khas menyengat dan rasa yang nikmat.

Ciri Khas Masakan Indonesia (via BP Guide)

2. Pedas

Ciri masakan khas Indonesia yang kedua adalah memiliki cita rasa yang pedas. Tentu kamu tahu kalau hampir semua masakan Indonesia bercitaras pedas. Tidak hanya itu, Indonesia juga terkenal dengan berbagai jenis sambal yang selalu ada di setiap hidangan. Sambal tersebut mulai dari sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi, sambal matah, dan masih banyak lagi.

Ciri Khas Masakan Indonesia (via Grid)

3. Bercita Rasa Gurih

Selain memiliki cita rasa pedas, makanan khas Indonesia biasanya juga memiliki rasa yang gurih. Rasa gurih inilah yang membuat banyak orang ketagihan. Rasa gurih yang terdapat dalam masakan Indonesia biasanya didapatkan dari santan yang dicampur ke dalam masakan.

Gurihnya santan tadi terkadang juga dicampur dengan bahan lain, seperti cabai, rempah, dan gula. Campuran inilah yang membuat masakan khas Indonesia semakin sedap dan nikmat.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja ciri khas masakan Indonesia yang jarang disadari tapi selalu dinikmati. Uniknya lagi, setiap daerah di Indonesia juga punya karakteristik sendiri. Kalau kamu lebih suka masakan Indonesia dari daerah mana?

Ciri Khas Masakan Indonesia (via Finna)