5 Efek Buruk Begadang Bagi Perempuan yang Jarang Disadari

Tahukah kamu apa efek buruk begadang untuk perempuan? Agar tidak semakin memburuk, coba deh simak ulasan berikut ini!

Tahukah kamu apa efek buruk begadang untuk perempuan? Bagi sebagian orang, begadang memang mengasyikkan. Apalagi jika kegiatan begadang tersebut diisi dengan melakukan kegiatan seru dengan sahabat. Namun sayangnya, ada efek buruk begadang bagi perempuan yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Perlu diketahui bahwa waktu tidur ideal orang dewasa sekitar 7-9 jam dalam sehari. Jika orang dewasa hanya mendapatkan separuh dari waktu tidur yang dibutuhkan, maka akan berpengaruh pada tubuh. Mulai dari muncul tanda-tanda penuaan dini hingga kulit yang nampak kusam. Informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Perempuan yang terlalu sering begadang maka akan memiliki daya tahan tubuh yang buruk. Jika daya tahan tubuh seseorang buruk maka dia akan lebih mudah terserang penyakit. Terlebih jika kamu sedang mengandung. Sebaiknya ibu hamil benar-benar menghindari kegiatan begadang agar ibu dan janin sama-sama sehat.

Efek Buruk Begadang Bagi Perempuan (via Liputan6)

2. Lebih Rentan Depresi

Terlalu sering begadang akan membuat perempuan lebih rentan mengalami depresi. Seperti dilansir dari Kumparan, menurut seorang peneliti dari Duke University Medical Center, Edward Suarez, selain depresi begadang juga dapat memicu gangguan jantung dan juga diabetes. Duh, kok serem ya.

Efek Buruk Begadang Bagi Perempuan (via Detik)

3. Berat Badan Naik

Perempuan yang sering begadang bisa beresiko mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Pasalnya orang yang sering begadang cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar, karena membutuhkan kalori tambahan sekitar 385 kalori per hari.

Karena itu, otomatis kamu akan merasa lapar dan porsi makanmu bertambah. Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon lapar ghrelin dan dan lebih sedikit hormon leptin. Sebaliknya, jika kamu memiliki waktu tidur yang cukup, maka hormon leptin akan diproduksi lebih banyak dari pada hormon ghrelin.

Efek Buruk Begadang Bagi Perempuan (via Beautynesia)

4. Risiko Terserang Penyakit Kronis

Begadang bagaimanapun adalah kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan risiko terserang penyakit kronis. Begadang bisa menaikkan tekanan darah sehingga bisa meningkatkan risiko hipertensi pada perempuan.

Selain itu, begadang juga bisa memicu penyakit diabetes, penyumbatan pembuluh darah, hingga masalah jantung. Belum lagi, begadang juga bisa berpengaruh pada kulit sehingga bisa mempercepat munculnya tanda penuaan.

Efek Buruk Begadang Bagi Perempuan (via Kumparan)

5. Menurunkan Produktivitas dan Kualitas Hidup

Orang-orang dengan pola tidur yang kacau umumnya sulit bangun dalam kondisi segar dan siap beraktivitas. Sebaliknya, kamu akan merasa pusing dan mudah lelah, seolah tidur seharian tidak akan cukup. Hal ini akan membuatmu kurang produktif sehingga berpengaruh pada keseluruhan aspek kehidupan.

Nah, itu tadi beberapa efek buruk begadang bagi perempuan yang jarang disadari. Mulai sekarang sebaiknya hindari begadang jika tidak ada hal yang mendesak. Yuk mulai sayangi dirimu dengan menerapkan pola tidur yang baik!

Efek Buruk Begadang Bagi Perempuan (via Alodokter)