Bikin Makin Percaya Diri, Ini Cara Mencegah Munculnya Stretch Mark

Guratan berbentuk garis halus pada kulit seringkali mengganggu penampilan, lantas bagaimanakan cara mencegah munculnya stretch mark pada tubuh?

Stretch mark adalah guratan berbentuk garis-garis halus yang pada kulit. Biasanya stretch mark muncul di payudara, perut atas, lengan atas, paha, dan pantat. Biasanya kondisi ini muncul pada ibu hamil, namun juga bisa terjadi karena penyebab lain.

Kemunculan stretch mark umumnya diakibatkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor perubahan berat badan yang ekstrem, penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid, ataupun karena penyakit tertentu. Lalu bagaimana cara untuk mencegah stretch mark? Berikut informasinya:

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dapat menjaga kulit tetap sehat, sehingga dapat mencegah munculnya stretch mark. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein, zink, serta vitamin C, D dan E.

Kombinasikan juga dengan biji-bijian seperti roti gandum atau oatmeal. Jangan lupa dengan protein tanpa lemak seperti ayam, dan beberapa produk susu untuk mendapatkan kalsium, serta buah dan sayuran untuk mendapatkan serat yang diperlukan tubuh. 

 

Cara Mencegah Stretch Mark (via Jovee)

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan bukan berarti menurunkannya. Biasanya stretch mark terjadi pada kondisi kegemukan atau obesitas karena terjadi peregangan pada kulit. Bisa juga terjadi karena penurunan berat badan yang drastis akibat cara diet yang salah atau penyakit juga bisa mengakibatkan kulit meregang.

Cara Mencegah Stretch Mark (via Kumparan)

3. Rutin Memakai Pelembap

Kulit yang kering merupakan salah satu faktor yang meningkatkan kemungkinan terbentuknya stretch mark. Karena itu untuk mencegah terbentuknya stretch mark, gunakan losion atau pelembap khususnya di bagian-bagian yang terdapat penumpukan lemak, seperti perut, paha, maupun pantat. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, minyak almond, ataupun cocoa butter sebagai pelembap alami.

Cara Mencegah Stretch Mark (via Alodokter)

4. Tetap Terhidrasi

Kamu juga bisa melembapkan tubuh dari dalam dengan meminum air putih yang cukup, 8 hingga 12 gelas per hari. Hal ini akan mengoptimalkan elastisitas kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan menjadi lebih lembut hingga memperkecil kemungkinan terjadinya stretch mark.

Hindari mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya yang dapat membuat kulit dehidrasi dan meningkatkan risiko stretch mark. Untuk menggantinya, kamu bisa mengonsumsi minuman non-kafein seperti air lemon atau jus buah. 

Cara mencegah stretch mark adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga berat badan yang stabil. Jangan lupa, imbangi juga dengan olahraga teratur. Selamat mencoba!

Cara Mencegah Stretch Mark (via Halodoc)