5 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita, Total Penghasilannya Bisa Setara Harga Rumah!

Tahukah kamu apa saja pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita? Baca panduan berikut ini agar kamu tahu ke mana akan melangkah!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita? Walaupun beberapa di beberapa wilayah masih sering menerima diskriminasi di dunia kerja, namun faktanya banyak juga profesi yang menawarkan penghasilan besar. Kalau diterima di bidang ini, dijamin auto makmur deh!

Beberapa pekerjaan yang akan kita bahas dalam artikel ini sebenarnya tidak selalu dikhususkan untuk perempuan. Namun karena berbagai alasan, banyak pemberi kerja yang lebih suka merekrut wanita. Penasaran kan pekerjaan apa saja yang paling cocok untuk perempuan serta menawarkan gaji tinggi? Berikut beberapa di antaranya!

1. Dokter

Sebagaimana kita tahu, dokter dan tenaga kesehatan adalah profesi yang universal dan bisa dipegang laki-laki maupun perempuan. Bukan rahasia juga bahwa bidang ini menawarkan gaji yang besar, seiring dengan jurusan pendidikannya yang juga membutuhkan dana tidak kecil. Meski demikian, sebagaimana dilansir dari laman College Consensus, ada beberapa bidang kesehatan yang ternyata didominasi para perempuan.

Sebagai contoh adalah spesialis dokter hewan yang menawarkan gaji setara lebih dari Rp1,4 miliar per tahun di Amerika Serikat. Pada tahun 2022, profesi ini didominasi oleh perempuan dengan persentase sebesar 76,39%. 

Profesi asisten dokter menawarkan gaji hingga setara Rp1,3 miliar per tahun di AS, dan didominasi perempuan dengan persentase 70,64%. Sementara itu, persentase untuk perawat perempuan mencapai 87,17% di AS dengan gaji hingga setara Rp1,3 miliar per tahun.

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita (via Femina)

2. Apoteker

Masih di dunia kesehatan, profesi apoteker adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. Presentase perempuan di bidang kerja ini juga cukup tinggi, yaitu mencapai 60,78%. Gaji yang ditawarkan pun tidak main-main, yaitu mencapai hingga setara Rp1,3 miliar per tahun di AS. Profesi ini juga didominasi perempuan karena membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam peracikan obat, walaupun dalam hal ini jumlah apoteker laki-laki juga tak bisa dikatakan sedikit.

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita (via Pikiran Rakyat)

3. Manajer HRD

Profesi sebagai HRD juga salah satu yang cukup diminati dan tentunya cocok untuk perempuan. Kebanyakan pemberi kerja memilih perempuan sebaga manajer karena dinilai memiliki kemampuan menilai yang baik sehingga bermanfaat dalam proses perekrutan karyawan sesuai standard perusahaan. Selain itu, posisi HRD juga membutuhkan ketelitian yang tinggi karena rumitnya tugas yang dihadapi sehingga wanita dianggap lebih bisa diandalkan. Di AS, prosentase perempuan untuk profesi ini mencapai 76,92% dengan gaji setara Rp1,1 miliar per tahun.

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita (via IDN Times)

4. Psikolog

Profesi lain yang juga tak bisa dipandang sebelah mata adalah psikolog. Pekerjaan ini benar-benar membutuhkan ketelatenan dan kepekaan untuk menilai kepribadian seseorang. Selain itu, para psikolog juga dituntut untuk sabar mendengarkan dan mengamati pasien sebelum memutuskan tindakan yang tepat. 

Alasan kenapa perempuan lebih banyak diandalkan dalam profesi ini adalah karena dianggap memiliki kepekaan dan empati lebih tinggi ketimbang pria. Di Amerika, persentase psikolog perempuan mencapai 81,58% pada tahun 2022, dengan gaji hingga setara Rp1 miliar. Profesi ini sangat relevan dengan zaman sekarang yang sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye kesehatan mental.

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita (via Sonora)

5. Influencer

Dunia hiburan adalah salah satu ladang yang cukup subur untuk para perempuan. Profesi sebagai influencer media sosial, YouTuber, hingga selebgram mungkin tidak pernah diperhitungkan beberapa dekade lalu. 

Namun seiring berkembangnya teknologi, pekerjaan ini bisa membantu perempuan meraup penghasilan hingga miliaran setahun. Perempuan dinilai lebih cocok untuk profesi ini karena dianggap lebih ekspresif dan mampu menarik perhatian publik dengan efektif.

Itulah 5 pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikejar. Selain yang tercantum di atas, masih banyak profesi menjanjikan lain yang juga bisa membantumu kaya mendadak karena memberikan penghasilan besar. Kamu piliih mengejar yang mana?

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita (via Brilio)