Gigi Bungsu Tumbuh Miring ke Samping? Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Gigi bungsu tumbuh miring ke samping? Ini yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya

Gigi bungsu, adalah gigi terakhir yang tumbuh pada gigi lengkap orang dewasa. Terkadang, gigi bungsu tumbuh miring ke samping atau tidak tumbuh dengan baik. Kondisi gigi tumbuh tidak normal ini biasa disebut dokter gigi sebagai impaksi.

 

Orang dewasa biasanya memiliki 32 gigi. Gigi bungsu, atau gigi geraham ketiga, adalah yang terakhir muncul. Mereka muncul di ujung gusi atas dan bawah, tepat di belakang mulut.

 

Gigi bungsu biasanya berkembang pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa, ketika seseorang berusia antara 17 dan 21 tahun. Pertumbuhannya pun biasanya tidak menimbulkan masalah, kecuali saat terjebak di bawah gusi atau di rahang.

 

Baca juga: 4 Bahan Natural yang Bisa Membersihkan Karang Gigi

# Apakah Semua Gigi Bungsu Perlu dicabut?

 

Dokter gigi tidak akan menyarankan pencabutan gigi bungsu jika gigi itu sehat, tumbuh sempurna, dalam posisi yang sesuai, dan terletak di posisi yang mudah dibersihkan.

 

Namun, banyak dokter gigi dan ahli bedah mulut di Amerika Serikat menyarankan pencabutan gigi bungsu yang impaksi sebagai tindakan pencegahan terhadap infeksi, seperti penyakit gusi dan kerusakan gigi.

 

Selain harus mencabut gigi bungsu impaksi, dokter gigi juga harus mencabut gigi bungsu yang akan menghalangi gigi lainnya untuk berkembang dengan baik.

 

Gigi geraham tumbuh miring (herminahospitals.com)

# Pencabutan Gigi bungsu impaksi

 

The American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons (AAOMS) menyatakan bahwa gigi bungsu tumbuh miring berisiko menjadi penyebab penyakit harus menjalani pencabutan. AAOMS juga merekomendasikan agar praktisi secara aktif memantau gigi bungsu jika terjadi komplikasi.

 

Dokter gigi akan merekomendasikan pencabutan gigi bungsu jika menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada seseorang atau jika merusak atau dapat merusak gigi atau tulang rahang yang berdekatan.

 

Dalam kasus gigi bungsu impaksi tanpa gejala, praktisi tidak dapat secara akurat memprediksi gigi bungsu mana yang akan menyebabkan masalah. Namun, sudut di mana gigi tumbuh dan bagaimana gigi tersebut mendorong gigi lainnya dapat memberikan petunjuk.

 

Baca juga: Kebiasaan Sikat Gigi Setelah Cuci Muka Ternyata Salah

# Yang Akan Dilakukan Dokter Gigi pada Gigi Impaksi

 

Dokter bedah mulut akan mencabut gigi bungsu melalui operasi, jika gigi impaksi. Dokter gigi akan melakukan rontgen seluruh mulut untuk melihat letak akar dan pertumbuhan gigi.

 

Operasi pencabutan bisa dilakukan di klinik dokter gigi atau di rumah sakit.  Seberapa mudah operasinya tergantung pada posisi gigi atau gigi yang perlu dicabut.

 

Sebelum operasi, profesional perawatan kesehatan pertama-tama akan mengevaluasi seseorang untuk alergi, kondisi medis yang ada, dan intoleransi. Mereka juga akan mendisinfeksi area operasi dan mulut.

 

Beberapa mungkin juga meminta pasien untuk minum antibiotik sebelum dan sesudah operasi untuk mengurangi risiko infeksi.

 

Dokter gigi akan menyuntikkan anestesi lokal untuk membuat gigi dan area sekitarnya mati rasa. Kemudian, mereka akan membuat sayatan di gusi untuk membuka gigi dan tulang. Setelah ini, mereka akan menggunakan bor gigi untuk membagi gigi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dicabut.

 

Penting untuk bersantai dan menghindari alkohol dan merokok setidaknya selama 24 jam untuk memastikan tidak ada masalah pendarahan.

Hasil rontgen gigi miring (alomedika.com)

 

Nah, itu tadi cara mengatasi gigi tumbuh miring yaitu dengan operasi pencabutan gigi. Jadi, kalau kamu mengalami impaksi gigi bungsu, segera jadwalkan untuk periksa ke dokter gigi. Setelah operasi, seseorang harus mengikuti semua petunjuk perawatan yang diberikan dokter gigi untuk menghindari komplikasi. Misalnya dengan makan makanan yang lembek, minum habis antibiotik, tidak menyikat gigi sementara waktu, tidak berbicara, dan lain sebagainya.

Gigi yang sudah dicabut (suara.com)