Bikin Lidah Bergoyang, Ini 4 Makanan Khas Ende yang Wajib Kamu Coba

Makanan khas Ende ternyata sangat menggoda dan menggoyang lidah. Yuk coba simak rekomendasi berikut ini!

Pernah nggak sih kamu mencicipi makanan khas Ende? Ende merupakan salah satu kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tidak hanya mempunyai wisata alam yang cantik, tapi juga memiliki banyak makanan khas yang mampu menggoyang lidah.

Nggak percaya? Coba deh sesekali kamu traveling ke Ende dan cicipi sendiri makanan khas Ende yang enak banget. Penasaran apa saja makanan khas Enda yang sukses membuat lidah kamu bergoyang? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Daging Se’i

 

Makanan khas Ende yang pertama adalah Daging Se’i. Makanan ini adalah daging asap yang dimasak dengan cara dibakar secara tradisional, yakni dengan menggunakan kayu bakar. Pengasapan Daging Se’i dilakukan selama kurang lebih 9 jam dengan menggunakan kayu kosambi, sehingga Daging Se’i memiliki aroma yang khas.

Dahulu daging yang digunakan untuk memasak Daging Se’i adalah daging rusa, namun kini daging yang digunakan telah berubah yakni menggunakan daging sapi atau babi.

Makanan Khas Ende (via Detik Food)

2. Uwi Ai Ndota

Makanan khas Ende yang kedua adalah Uwi Ai Ndota yang terbuat dari ubi kayu khas Ende atau ubi nuabosi. Ubi nuabosi merupakan jenis ubi yang hanya bisa tumbuh di Ende. Jadi spesial banget, deh.

Makanan Khas Ende (via Liputan6)

3. Kue Rambut

Makanan khas Ende yang ketiga ini terbilang cukup unik. Kue yang terbuat dari tepung beras, santan, gula aren, air nira, garam dan minyak ini, memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rambut. Sementara untuk warnanya, coklat keemasan dan dibentuk segitiga. Menarik banget deh.

Makanan Khas Ende (via Lifestyle Okezone)

4. Rumpu Rampe

Makanan khas Ende yang terakhir adalah Rumpu Rampe. Makanan yang cukup mudah dijumpai di warung makan di Kota Ende ini  terbuat dari tumbuh-tumbuhan seperti daun singkong, daun kelor, gedebong pisang, dan daun atau bunga pepaya. Kalau di Jawa makanan ini mungkin mirip dengan urap-urap, hanya sayurannya saja yang berbeda.

Nah, itu tadi empat makanan khas Ende yang bisa bikin lidah bergoyang. Pokoknya kalau berkunjung ke Ende, kamu wajib mencoba makanan-makanan tadi ya. Dijamin kamu takkan bisa melupakan dan ingin menyantapnya lagi.

Makanan Khas Ende (via Kompas)