Bikin Hidup Lebih Bahagia, Ini 3 Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mental

Mengubah gaya hidup menjadi lebih baik akan memberikan efek positif. Lalu apa saja kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan mental?

Kenapa kita harus melakukan kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan mental? Faktanya, terlalu sibuk dengan pekerjaan memang bisa membuat seseorang depresi, namun mengubah kebiasaan akan membantu menjaga kesehatan mental kamu, bahkan menghindarkan kamu dari stres dan rasa cemas.

Sarah Greenberg, seorang psikoterapis dari California mengatakan bahwa perubahan bisa menjadi hal sulit bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan dan depresi.

Namun mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, artinya kamu sudah bersikap baik pada diri sendiri, dan ini penting dilakukan. Lantas, kebiasaan yang sebaiknya dilakukan agar kesehatan mental tetap terjada? Berikut ini penjelasannya.

1. Menerima Diri Apa Adanya

Menerima diri apa adanya artinya kamu mulai melepas standar hidup yang selama ini menjadi beban kamu. Kamu tidak harus sempurna, karena memang tidak ada manusia yang sempurna. Perlakukan diri sendiri dengan baik, terima kekurangan dalam diri kamu, dan hilangkan perasaan tidak realistis tentang harapan orang lain terhadap kamu.

Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mental (via Hipwee)

2. Memperbanyak Hubungan Sosial

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial yang tanda disadari selalu membutuhkan orang lain. Dan kebiasaan yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan mental adalah dengan memperbanyak hubungan sosial. Meski hanya sekedar mengobrol, curhat dengan orang yang dipercaya, atau mendengar apa yang dilakukan orang lain, itu sudah cukup untuk menjaga mental kamu tetap sehat.

Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mental (via IDN Times)

3. Berolahraga

Membiasakan diri berolah raga juga bisa membantu mencegah depresi lho. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa berolahraga berat selama 15 menit sehari secara rutin, dapat mencegah depresi.

Hal ini dikarenakan olahraga dapat menjadi pengalih perhatian yang positif, sehinga semakin tinggi aktivitas olahraga maka stress dan rasa khawatir akan jauh lebih berkurang.

Nah, itu tadi tiga kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan mental. Kalau akhir-akhir ini mulai merasa tertekan dengan rutinitas, sebaiknya coba mulai lakukan kebiasaan tadi agar hidupmu jadi lebih bahagia.

Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mental (via Alodokter)