Sering Deg-Degan Berlebihan? Coba Terapkan 4 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Berikut Ini!

Bagaimana sih cara menghilangkan rasa gugup yang sering datang di waktu tidak tepat? Daripada terus berulang, yuk simak ulasan berikut ini!

Bagaimana sih cara menghilangkan rasa gugup yang sering datang di waktu tidak tepat? Pasalnya, perasaan macam ini kadang benar-benar saat mengganggu saat kita sedang membutuhkan konsentrasi atau kepercayaan diri di momen penting.

Faktanya, merasa gugup saat interview kerja, presentasi, public speaking, dan momen lain adalah hal yang wajar. Pasalnya perasaan tersebut muncul karena kamu belum terbiasa melakukannya dan kamu takut melakukan kesalahan.

Meski demikian, ada kok cara menghilangkan rasa gugup berlebihan yang menjadikan kamu lebih tenang. Kalau kamu termasuk orang yang sering merasa gugup, bahkan saat bicara dengan orang baru. Sepertinya kamu wajib menerapkan beberapa cara berikut ini agar rasa gugupmu hilang. Bagaimana caranya? Yuk intip ulasan berikut ini!

1. Coba Berpikir Positif

Cara ampuh pertama untuk menghilangkan rasa gugup adalah dengan mencoba berpikir positif. Seperti yang dikatakan sebelumnya, rasa gugup muncul karena adanya ketakutan dalam diri. Mulai dari takut tampil, takut salah, hingga takut ditertawakan. Karena itu, berpikir positif itu penting agar kamu lebih rileks dan tidak overthinking dengan apa yang belum tentu terjadi.

Meski demikian, membangun pemikiran positif kadang memang sulit jika terlanjur gugup parah atau berpikir yang tidak-tidak. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk membangun keyakinan bahwa hal buruk yang kamu pikirkan juga belum tentu terjadi. Dengan demikian, perlahan kamu akan merasa optimis lagi.

Cara Menghilangkan Rasa Gugup (via Fimela)

2. Makanlah Sesuatu

Percayalah makan atau minum bisa membuatmu lebih santai. Meski kamu hanya mengunyah sebungkus kecil permen atau minum segelas air putih, tapi perasaan kamu akan lebih rileks setelahnya. Setidaknya rasa gugupmu akan teralihkan pada makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulutmu.

Cara Menghilangkan Rasa Gugup (via Mitra Bukalapak)

3. Mengatur Nafas

Hal terbaik untuk mengatasi rasa gugup adalah dengan mengatur nafas. Tarik nafas dalam lalu lepaskan perlahan sambil memejamkan mata dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Kamu bisa sejenak keluar ruangan atau menghindar di tempat yang lebih sepi untuk mengatur nafas. Mungkin akan memakan waktu beberapa saat, namun kamu akan merasa lebih baik. Setelah tenang, barulah kamu bisa kembali ke ruangan tempat kamu beraktivitas.

Cara Menghilangkan Rasa Gugup (via Qu Bisa)

4. Bicara dengan Orang Lain

Untuk mengatasi rasa gugup, kamu bisa mencoba untuk mengobrol dengan orang lain. Jadi fokusmu akan terpecah pada orang lain, tidak hanya fokus pada rasa takut yang ada dalam diri. Kamu bisa membicarakan hal-hal lucu agar kamu jadi lebih rileks.

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan rasa gugup berlebihan. Jangan lupa juga untuk meredakan rasa gugupmu dengan berdoa ya. Karena doa adalah cara paling ampuh, ketika semua cara yang sudah kamu lakukan tadi gagal.

Cara Menghilangkan Rasa Gugup (via Okezone)