4 Manfaat Tersenyum yang Bisa Tingkatkan Imun, Yuk Berhenti Cemberut!

Manfaat tersenyum ternyata tidak hanya membuat wajah jadi lebih manis, akan tetapi banyak sekali manfaat yang bisa di dapat jika kamu sering tersenyum.

Tahukah kamu bahwa manfaat tersenyum nyatanya lebih dari sekedar membuat wajah manis? Tersenyum adalah hal yang seharusnya mudah dilakukan. Namun sayangnya, suasana hati seseorang terkadang mempengaruhi kehadiran senyum di wajahnya.

Padahal kalau kamu tahu apa saja manfaat tersenyum, seberat apapun harimu pasti kamu akan mencoba untuk selalu tersenyum. Selain membuat orang lain lebih nyaman saat berada di dekatmu, ada banyak manfaat lain yang mungkin tak pernah kamu sadari.

Memang apa sih sebenarnya manfaat tersenyum? Kalau kamu belum tahu, coba cek infonya berikut ini. Dijamin deh kamu akan lebih suka tersenyum dari pada cemberut, seperti apapun mood kamu.

1. Bikin Awet Muda

Orang yang suka tersenyum, maka secara tidak langsung dia sedang memancarkan aura yang menyenangkan. Selain itu, otot-otot pada wajah akan lebih longgar dan tidak tegang. Kondisi ini akan membantu mencegah keriput dan tanda penuaan dini. Jadi nggak heran kalau wajahnya menjadi awet muda. Berbeda dengan orang yang hobi cemberut, karena bisa membuat wajah berkerut dan akhirnya menimbulkan keriput.

Manfaat Tersenyum (via Blackmores)

2. Menjernihkan Pikiran

Sebagaimana disebutkan di atas, tersenyum nyatanya bisa membuat otot-otot yang tadi kaku dan tegang menjadi lebih rileks. Maka dari itu, pikiran jadi ikutan jernih. Sehingga kamu menjadi lebih tenang dalam menghadapi persoalan hidup. Berbeda dengan orang yang suka cemberut. Dari raut wajahnya saja sudah menandakan rasa gelisah yang dipikirkan. Semakin gelisah maka semakin rumit pikirannya. Cobalah tersenyum, dan kamu akan mendapati diri menjadi sosok yang lebih kuat dari dugaanmu.

Manfaat Tersenyum (via Kompas Health)

3. Memperbaiki Suasana Hati

Tersenyum bisa melepaskan hormon endorfin dalam tubuh. Senyawa ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakit. Maka dari itu, ketika kau tersenyum maka suasana hatimu yang tadi kacau maka akan membaik secara perlahan. Alhasil kamu akan menjadi lebih tenang dan tidak mudah uring-uringan. Wah, bisa banget diterapkan saat sedang banyak masalah dan tekanan.

Manfaat Tersenyum (via Fimela)

4. Lebih Mudah Mengendalikan Emosi

Manfaat tersenyum selanjutnya adalah kamu jadi lebih mudah mengendalikan emosi. Dikatakan bahwa mengontrol emosi dengan baik artinya mengetahui cara mengombinasikan perasaan dengan tepat. Maka dari itu, tersenyum dapat membuat emosi menjadi lebih terkontrol, dan kamu lebih mudah mengendalikannya, sehingga tidak meluap-luap dan merugikan diri sendiri.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat tersenyum. Jadi mulai hari ini, jangan lupa untuk selalu tersenyum dan kurangi cemberut agar harimu lebih indah. Kamu juga bakal membantu orang lain merasa lebih baik saat melihat senyumanmu.

Manfaat Tersenyum (via Yahoo Berita)