5 Negara dengan Masjid Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk Nggak Ya?

Tahukah kamu negara dengan masjid terbanyak di dunia? Yuk cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Tahukah kamu negara dengan masjid terbanyak di dunia? Faktanya, masjid merupakan bangungan yang digunakan ibadah umat islam. Bagi umat islam, keberadaan tempat ibadah ini sangatlah penting, bukan sekedar untuk tempat mendekatkan diri pada Tuhan, namun juga sebagai pemersatu antar muslim.

Untungnya, ada beberapa negara yang memiliki fasilitas luar biasa untuk umat Islam, dalam hal beribadah. Meski bukan termasuk negara islam, namun ada sejumlah negara yang menjadi negara dengan masjid terbanyak di dunia. Bahkan jumlahnya nggak main-main lho!

Selain sebagai tempat salat, masjid juga sebagai tempat dilakukannya kegiatan keagamaan dan tempat dikumandangkan adzan sebagai penanda waktu salat. Lantas, kira-kira negara mana saja sih yang memiliki masjid terbanyak di dunia. Apakah Indonesia termasuk salah satunya? Yuk, cek datanya berikut ini.

1. India

Meski mayoritas penduduknya menganut agama Hindu, namun ternyata India termasuk negara dengan masjid terbanyak di dunia lho. Diketahui, India memiliki sekitar 300 ribu masjid yang telah berdiri.

Perlu diketahui bahwa jumlah umat Islam di sana juga cukup banyak, walaupun termasuk minorotas. Namun karena mayoritas penduduk India beragama Hindu, maka masjid di India masih belum memenuhi kebutuhan umat muslim di negara tersebut.

Negara dengan Masjid Terbanyak (via Republika)

2. Bangladesh

Selain India, Bangladesh ternyata juga termasuk dalam negara dengan masih terbanyak di dunia. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk Bangladesh memeluk agama islam. Menurut data sensus tahun 2022, kawasan ini memiliki lebih dari 150 juta Muslim, jadi nggak heran kalau banyak masjid yang berdiri di negara tersebut. Wilayah ini adalah salah lokasi yang nyaman untuk ditinggali umat Islam.

Negara dengan Masjid Terbanyak (via Aktual)

3. Pakistan

Negara dengan masjid terbanyak selanjutnya adalah Pakistan. Negara ini memiliki sekitar 120 ribu bangunan masjid. Nggak heran sih, karena 97% penduduk Pakistan memeluk agama islam, tentu masjid sangat diperlukan untuk beribadah.

Negara dengan Masjid Terbanyak (via Liputan6)

4. Mesir

Mesir juga termasuk negara dengan masjid terbanyak. Ada sekitar 108 ribu bangunan masjid yang telah berdiri di negara tersebut. Selain itu, Mesir juga menjadi salah satu pusat pendidikan berbasis Muslim, sehingga banyak penganut Islam dari berbagai negara yang menuntut ilmu di sana.

Negara dengan Masjid Terbanyak (via BRNews)

5. Indonesia

Jangan khawatir, Indonesia juga termasuk negara dengan masjid terbanyak di dunia kok. Bahkan Indonesia memiliki 800 ribu lebih bangunan masjid yang tersebar di berbagai provinsi. Sebut saja Lampung yang memiliki sekitar 12.000 masjid, Sulawesi Selatan 14.313 masjid, Jawa Timur 48.947 masjid, Jawa Tengah 50.549 masjid, dan Jawa Barat 58.979 masjid.

Nah, itu tadi lima negara dengan masjid terbanyak di dunia dan pastinya bakal jadi tujuan menyenangkan dan nyaman untuk penganut agama Islam. Nggak menyangka ya kalau Indonesia ternyata memiliki masjid terbanyak. Jadi bangga kan?

Negara dengan Masjid Terbanyak (via Tokopedia)