Emosi memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk kantor. Nah, agar kamu tetap terlihat profesional, coba belajar tips menahan emosi di tempat kerja biar nggak kelepasan. Perempuan dikenal sebagai makhluk yang sulit sekali mengendalikan emosinya saat sedang marah, sedih, dan kecewa.
Bahkan mereka bisa saja meluapkan emosinya tanpa melihat tempat dan waktu. Apalagi jika memiliki teman kerja yang menyebalkan. Lantas, bagaimana ya cara menahan emosi di tempat kerja agar kamu tetap terlihat cool dan profesional?
1. Berusaha Menenangkan Diri
Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika emosi melanda adalah tetap berusaha menenangkan diri. Jangan sekali-kali terpancing. Tenangkan dirimu dengan duduk, menutup mata, dan menarik napas dalam. Hal ini dipercaya dapat membuatmu lebih rileks. Kamu juga bisa menenangkan diri dengan cara mendengarkan musik-musik favorit. Upaya ini ampuh membuatmu menjadi lebih tenang.
Tips Menahan Emosi di Tempat Kerja (via Lifestyle Kompas)
2. Jangan Buru-Buru Mengambil Keputusan
Cara menahan emosi di tempat kerja yang selanjutnya adalah jangan terburu-buru mengambil keputusan. Memang sangat tidak disarankan mengambil keputusan saat sedang emosi. Pasalnya, keputusan yang kamu ambil berasal dari pemikiran pendek tanpa pertimbangan apapun. Dan hal tersebut bisa merugikan diri kamu sendiri.
Tips Menahan Emosi di Tempat Kerja (via EKRUT)
3. Berani Mengatakan Maaf
Setelah marahmu berhasil diredam, coba beranikan diri mengatakan maaf kepada seluruh rekan kerja yang tadi terkena imbas akibat emosi kamu. Dengan begitu, kamu sudah menunjukkan pribadi yang dewasa karena berani mengakui kesalahan. Selain itu, permintaan maafmu juga akan membuatmu tidak terus berkubang dalam emosi terlalu lama.
Tips Menahan Emosi di Tempat Kerja (via Glints)
4. Mengalihkan Isi Pikiran
Cara terakhir menahan emosi di tempat kerja adalah dengan mengalihkan pikiran. Kamu bisa mengalihkan pikiran dengan memikirkan hal-hal menyenangkan yang bisa mengendurkan otot-otot tegang. Perlu diketahui, karyawan yang cerdas adalah mereka yang mau mendengarkan saran orang lain tanpa melibatkan emosi apapun.
Nah, itu tadi tips menahan emosi di tempat kerja yang wajib kamu tahu. Selain tetap terlihat profesional, kamu juga menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!
Tips Menahan Emosi di Tempat Kerja (via Liputan6)