Jadi Daya Tarik Wisata, Ini Deretan Bangunan Termegah di Dunia

Deretan bangunan termegah di dunia ini tidak hanya berfungsi sebagai gedung melainkan juga digunakan sebagai ikon negara dan daya tarik wisata.

Semua negara tentu mempunya ciri khasnya masing-masing, salah satunya adalah adanya gedung-gedung megah nan indah. Beberapa bangunan termegah di dunia yang dimiliki oleh negara-negara kaya ini memang sengaja didirikan tidak hanya sebagai ikon, tapi juga sebagai daya tarik wisata.

Selama ini, bangunan Burj Khalifa yang berada di Dubai tetap menjadi juara sebagai gedung termegah di dunia. Lantas, adakah yang mampu menyamai atau melebih Burj Khalifa? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini datanya.

1. Lotte World Tower, Korea Selatan

Bangunan termegah di dunia yang pertama adalah Lotte World Tower di Korea Selatan yang memiliki tinggi mencapai 554 meter. Menara ini dibangun di tanah dengan luas 505.300 mĀ² pada tahun 2017. Lotte World Tower merupakan perkantoran, ritel, tempat tinggal, dan kamar hotel mewah yang memiliki fasilitas berupa lift tercepat dan terpanjang di dunia.

Bangunan Termegah di Dunia (via ArchDaily)

2. Ping An Finance Center, China

Gedung termegah di dunia yang kedua ada Ping An Finance Center yang merupakan gedung pencakar langit setinggi 115 lantai atau sekitar 599 m yang berlokasi di Shenzhen, Guangdong, China.

Bangunan milik Ping An Insurance ini dibangun pada tahun 2010 ini, mampu menampung sebanyak 15.500 pekerja dan 9.000 penumpang harian ke dek observasi.

Bangunan Termegah di Dunia (via Arup)

3. Merdeka PNB118, Malaysia

Selanjutnya ada gedung Merdeka PNB118 yang berada di Malaysia. Gedung pencakar langit dengan tinggi sekitar 630 meter ini memiliki 83 lantai yang menjadi ruang kantor premium, 17 lantai untuk hotel Park Hyatt bintang lima, dan 4lantai untuk dek observasi tertinggi di Asia Tenggara.

Bangunan Termegah di Dunia (via Ekonomi Bisnis)

4. Burj Khalifa, Dubai

Bangunan termegah di dunia yang keempat adalah Burj Khalifah yang merupakan sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010.

Burj Khalifa memiliki tinggi sekitar 828 meter dan memiliki lebih dari 160 lantai. Bahkan Burj Khalifah menjadi bangunan tertinggi yang pernah dibangun manusia hingga 2019.

Bangunan Termegah di Dunia (via Detik)

5. Jeddah Tower, Arab Saudi

Bangunan termegah di dunia yang terakhir adalah Jeddah Tower yang berada di Arab Saudi. Mengalahkan Burj Khalifah, Jeddah Tower memiliki tinggi sekitar 1.000 meter yang dibangung di di atas lahan dengan luas kotor 243.866 meterĀ².

Jeddah Tower memiliki dek observasi tertinggi di dunia dengan ketinggian 2.178 kaki atau 664m di atas permukaan tanah dengan platform luar ruangan seluas 5.382 kaki persegi.

Wah, ternyata ada ya bangunan termegah di dunia yang mengalahkan Burj Khalifah. Setelah ini akan ada yang lebih tinggi dari Jeddah Tower nggak ya? Yuk kita lihat perkembangannya di masa depan!

Bangunan Termegah di Dunia (via Serambinews)