Fakta-Fakta yang Jarang Diketahui tentang Bridal Shower, Yuk Pahami Dulu!

Bridal shower menjadi prosesi yang semakin terkenal di Indonesia. Yuk simak fakta-fakta tentang prosesi pesta lajang calon pengantin perempuan ini!

Bridal shower menjadi hal yang semakin lumrah dan populer di Indonesia. Walaupun bukan merupakan tradisi Tanah Air, namun saat ini semakin banyak calon pengantin yang mengadakan acara ini menjelang hari H. Umumnya, acara ini adalah surprise party yang dilakukan sahabat, kerabat, atau keluarga untuk melepas orang tersayang menuju jenjang pernikahan.

Walaupun kini sudah semakin membudaya, nyatanya masih banyak orang yang belum memahami tentang bridal shower itu sendiri. Bukan sekedar acara seru-seruan, ternyata ada banyak makna yang tersimpan dibalik kemeriahan acara ini. Penasaran kan? Yuk simak fakta-faktanya berikut ini!

1. Mengenal Bridal Shower

Dalam berbagai sumber, bridal shower diartikan sebagai sebuah pesta yang diadakan untuk melepas calon pengantin. Acara ini biasanya diwarnai dengan pemberian hadiah, curhat, makan-makan bersama. Selain sebagai ajang ‘pesta lajang’ untuk calon pengantin perempuan, acara ini juga digelar sebagai bentuk ucapan selamat. 

Bridal Shower (via Koin Works)

2. Sejarah yang Memilukan

Bagi sebagian kalangan, acara ini mungkin dianggap sebagai sebuah kemewahan. Padahal, asal muasal acara ini terbilang memilukan karena melibatkan pasangan yang tak mendapat restu. Prosesi ini sendiri bermula pada abad ke-16 di Belanda, saat perempuan dari keluarga kaya ingin menikah dengan pria dari kalangan keluarga miskin.

Pihak keluarga perempuan tidak setuju dengan pernikahan tersebut dan menuntut mahar yang besar. Siapa sangka, teman-teman pihak pria ternyata sangat peduli dan berusaha keras menyediakan hadiah untuk si perempuan sebagai pengganti mahar. Hal ini pun membuat keluarga si perempuan tersentuh.

Sejak saat itu, memberikan hadiah untuk perempuan sebelum menikah mulai menjadi tradisi di berbagai negara. Di Amerika Serikat, tradisi ini dimulai pada1830-1901 dan dilakukan oleh para perempuan kaya. Bridal shower saat itu menjadi ajang untuk bercengkerama, makan-makan, dan berkumpul antara calon pengantin dan sahabatnya.

Calon pengantin juga akan dihujani dengan banyak hadiah. Biasanya, acara ini digelar oleh para calon bridesmaid yang akan menjadi pengiring pernikahan nanti. Namun seiring waktu, acara ini semakin berkembang dan bahkan digelar oleh pihak keluarga.

Bridal Shower (via Dream)

3. Makna Bridal Shower

Walaupun sejarahnya cukup bikin baper, namun tradisi ini sudah berkembang hingga saat ini. Prosesi ini menjadi bagian yang tak bisa ditinggalkan dalam pernikahan ala Barat, karena menjadi tanda bahwa seseorang akan segera melepas masa lajang.

Selain itu, bridal shower juga menjadi momen ucapan selamat yang diberikan orang dekat pada calon pengantin. Indonesia sendiri saat ini juga telah mengadopsi tradisi ini namun disesuaikan dengan adat setempat.

Bridal Shower (via Galamedia News)

4. Apa Saja yang Dilakukan saat Bridal Shower?

Selain memberikan ucapan selamat dan hadiah, sebenarnya tidak ada rangkaian khusus dalam penyelenggaraan acara ini. Kamu bahkan tak harus menyelenggarakannya digedung, namun bisa melakukan alternatif lain seperti traveling atau hal lain yang lebih menyenangkan.

Beberapa orang mengisi acara ini dengan menonton film, pesta kebun, bepergian, atau melakukan hal menyenangkan yang memungkinkan kedekatan satu sama lain. Dekorasi dan makanan lezat umumnya hanya menjadi pelengkap untuk membuat momen semakin berkesan.

Beberapa orang mungkin mengadakan pesta unik dengan mendandani calon mempelai dengan makeup konyol. Namun perlu diketahui bahwa ini hanyalah improvisasi dari penyelenggara dan kamu tidak harus melakukannya jika membuat calon pengantin tidak nyaman.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang bridal shower. Intinya, jika kamu ingin menyelenggarakan acara ini, persiapannya tak perli ribet dan memakan banyak biaya. Dengan acara sederhana, kamu juga bisa memberikan momen berkesan untuk si calon pengantin.

Bridal Shower (via Grid)