Ciptakan Momen Tak Terlupakan, Ini 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Kulon Progo yang Istimewa

Ada banyak destinasi wisata Kulon Progo yang Istimewa, mulai dari wisata alamnya hingga menikmati wisata kuliner khas yang sangat memanjakan lidah.

Destinasi wisata Kulon Progo memang istimewa yang cocok banget untuk menciptakan momen tak terlupakan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari mengunjungi wisata alam, seperti air terjun, sungai, dan kebun teh 

Selain itu, kamu juga bisa menguji adrenalin, menikmati wisata kuliner, berendam di kolam alam, dan berswa-foto di spot-spot instagramable di sana. Penasaran kan destinasi wisata di Kulon Progo apa saja yang wajib kamu kunjungi? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya:

1. Kalibiru

Destinasi wisata Kulon Progo yang pertama adalah Kalibiru. Di sini banyak spot-spot menarik yang instagramable banget. Salah satu spot foto favorit di Kalibiru adalah anjungan dengan latar Waduk Sermo di belakangnya.

Namun untuk mencapai anjungan tersebut, kamu harus mengeluarkan sedikit upaya karena harus memanjat tangga untuk tiba di atas pohon. Nggak perlu takut, karena sebelum naik ke anjungan yang terletah di atas pohon ini kamu akan terlebih dahulu dipasangkan sabuk pengaman oleh petugas.

Destinasi Wisata Kulon Progo (via Wikipedia)

2. Ayunan Langit di Pule Payung

Selain Kalibiru, kamu juga wajib berkunjung ke Ayunan Langit yang ada di Bukit Pule Payung. Kenapa dinamakan ayunan langit? Hal ini dikarenakan ayunan ini berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Dan ayunan ini tergantung di bibir tebing, sehingga kamu akan merasakan sensasi ngeri-ngeri sedap jika duduk di ayunan tersebut.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena sebelum duduk di ayunan langit kamu akan dipakaikan sabuk pengaman oleh petugas agar kamu tidak jatuh. Tapi untuk kamu yang phobia dengan ketinggian, lebih baik jangan coba ayunan langit ya.

Destinasi Wisata Kulon Progo (via Dolan Yok)

3. Wisata Kebun Teh

Destinasi selanjutnya adalah Wisata Kebun Teh yang terletak di Desa Wisata Nglinggo. Di sini suasananya tenang dan asri, jadi cocok banget buat kamu yang ingin melepas kepenatan. Kamu bisa menikmati hamparan pemandangan lembah dan bukit dari kejauhan, rasanya tenang banget. Dijamin otak kamu bisa langsung segar sepulang dari sini.

Destinasi Wisata Kulon Progo (via WS Rental Jogja)

4. Puncak Widosari

Kalau di Jawa Timur ada puncak Bromo bagi penikmat matahari terbit dan terbenam, di Kulon Progo kamu bisa menikmati hangatnya matahari terbit dan tenggelam di Puncak Widosari. Tempat ini bukanlah pegunungan, namun sebuah bongkahan batu raksasa yang lebih mirip seperti menara.

Untuk sampai ke Puncak Widosari, kamu memerlukan sedikit daya dan upaya. Pasalnya, kamu harus berjalan menaiki anak tangga yang lumayan curam dan mengular. Jadi kamu harus berbekal tekad yang bulat.

Tidak hanya bisa menyaksikan cantiknya matahari pagi dan sore, namun di sini kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta pesisir pantai selatan Jogja. Lengkap banget ya.

Destinasi Wisata Kulon Progo (via Travel Kompas)

5. Kebun Bunga Matahari

Rekomendasi liburan Kulon Progo yang terakhir adalah Kebun Bunga Matahari yang tertak di Pantai Glagah Indah. Di sini menikmati hamparan kebun bunga matahari sambil berswa-foto dengan background serupa.

Apalagi saat bunga matahari bermekaran, kamu akan merasakan sensasi liburan yang hangat dan menyenangkan. Serasa sedang berada di luar negeri, deh. Padahal kan masih di bawah langit negeri sendiri.

Kalau kamu ingin mendapatkan hasil foto yang ciamik, kamu wajib datang saat pagi. Pasalnya saat itulah bunga-bunga matahari masih terlihat segar karena bekas tetesan embun.

Tidak hanya itu, matahari terbenam di kebun bunga matahari ini juga nggak kalah cantik. Warna jingga senja seperti menyatu sempurna dengan warna kuning bunga matahari. Pokoknya cantik banget deh.

Nah, itu tadi lima rekomendasi destinasi wisata Kulon Progo yang akan membuat kamu memiliki pengalaman tak terlupakan. Istimewa banget kan. Setelah ini, jangan lupa masukkan Kulon Progo ke dalam list liburan kamu ya.

Destinasi Wisata Kulon Progo (via JejakPiknik)