5 Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan Jawa, Seperti Kaesang dan Erina!

Seserahan pernikahan adat Jawa umumnya berisi semua barang yang dibutuhkan calon mempelai pengantin. Pemberian ini juga dipersembahkan Kaesang kepada Erina.

Memberikan seserahan pernikahan adalah salah satu tradisi yang dilakukan pihak laki-laki kepada perempuan. Tujuannya tak lain adalah sebagai bentuk kasih sayang dan tanggung jawab laki-laki kepada pasangannya. Prosesi inilah yang juga jadi sorotan dalam pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono beberapa waktu lalu.

Dilansir dari berbagai sumber, seserahan pemberian Kaesang berisi barang-barang yang sehari-hari dipakai oleh Erina. Selain itu, ada pemberian berupa pisang, makanan, dan sejumlah item wajib yang umum dalam pernikahan Jawa.

Umumnya, seserahan memang terlihat melimpah karena pihak laki-laki disarankan memberikan benda-benda yang mewakili kebutuhan sehari-hari pengantin perempuan secara menyeluruh. Sebenarnya apa sih item wajib yang harus dimasukkan dalam seserahan? Berikut penjelasannya.

1. Pakaian

Sandang, atau pakaian, adalah salah satu kebutuhan primer manusia, sehingga wajib dimasukkan ke dalam daftar isi seserahan pernikahan. Meski demikian, jumlah dan jenisnya pada dasarnya tidak baku, dan tergantung pada kebutuhan perempuan dan anggaran pihak laki-laki.

Meski demikian, dalam kepercayaan adat Jawa, memberikan baju pesta disarankan untuk jadi prioritas. Zaman dahulu, batik dan kebaya tidak pernah ketinggalan, namun masyarakat modern umumnya kini telah memodifikasi item pakaian menjadi lebih kekinian sehingga cocok dengan zaman sekarang.

Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan (via BrideStory)

2. Aksesoris Pendukung Pakaian

Salah satu alasan kenapa seserahan pernikahan terlihat melimpah adalah banyaknya aksesoris pendukung pakaian yang dimasukkan di dalamnya. Sebagaimana diketahui, perempuan umumnya membutuhkan sepatu, sandal, tas, hingga benda-benda kecil seperti ikat pinggang. Selain itu, pakaian dalam juga harus disertakan karena dianggap penting.

Jika kamu menyertakan pakaian adat dalam seserahan, aksesoris pendukung mungkin akan semakin banyak. Kamu mungkin membutuhkan kain jarik, stagen, hingga selendang, yang umumnya memang menjadi bagian dari pakaian adat Jawa. Selain itu, aksesoris kepala dan perhiasan juga dianggap menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pihak laki-laki.

Meski demikian, memasukkan aksesoris ke dalam daftar seserahan juga harus dibicarakan dengan pihak perempuan. Pasalnya, beberapa pasangan juga menggunakan perhiasan emas sebagai mahar. Sebenarnya pemberian ini juga bisa disesuaikan dengan budget.

Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan (via Cepet Nikah)

3. Perlengkapan Merawat Diri

Item lain yang juga ikut menyemarakkan seserahan adalah perlengkapan merawat diri perempuan, termasuk skincare, haircare, lipcare, dan makeup. Intinya, pemberian pihak laki-laki juga sebaiknya menyertakan benda-benda yang mendukung pihak perempuan untuk merawat diri dan mempertahankan kecantikannya di depan sang suami. Jika bicara dalam konteks zaman sekarang, suami hendaknya memang memodali istrinya agar tetap tampil cantik dan indah dipandang.

Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan (via Cepet Nikah)

4. Makanan

Selain perlengkapan merawat diri dan kebutuhan sehari-hari, seserahan juga umumnya menyertakan makanan, terutama buah-buahan. Dalam adat Jawa, umumnya pihak laki-laki akan membawakan pisang raja yang telah dihias sedemikian rupa. Seserahan berupa pisang juga menjadi salah satu item yang diberikan Kaesang kepada Erina.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan juga ada buah-buahan lain untuk mendukung. Selain buah-buahan, pihak laki-laki juga disarankan membawa makanan, terutama kue yang terbuat dari ketan.

Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan (via Kompas)

5. Daun Suruh Ayu


Suruh ayu dan jambe umumnya juga benda yang sering disertakan dalam seserahan. Bukan untuk kebutuhan pihak perempuan, namun benda-benda ini adalah simbol doa dan harapan agar rumah tangga yang dijalani senantiasa selamat, langgeng dan harmonis. Agar tampak cantik, item ini biasanya telah dihias dan dirangkai sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Demikian ulasan tentang item wajib dalam seserahan pernikahan adat Jawa. Daftar di atas hanyalah item-item dasar. Umumnya, pasangan pengantin bisa memodifikasi isinya namun jangan sampai mengubah maknanya. Semoga bermanfaat, ya!

Item Wajib dalam SeserahanPernikahan (via Okezone)