Tidak Selamanya Bahagia, Ternyata Ini Dampak Negatif Good Girl Syndrome

Yuk pahami dampak negatif good girl syndrome agar kamu memahami bahwa tak semua perempuan bisa menjadi sempurna.

Ada yang pernah dengan tentang good girl syndrome? Good girl syndrome merupakan situasi yang mengharuskan seorang perempuan untuk selalu bersikap baik, manis, penurut, dan pintar. Akan tetapi sayangnya tidak semua memahami dampak negatif good girl syndrome. Good girl syndrome ini muncul umumnya karena adanya tuntutan dari banyak pihak, terutama keluarga.

Sayangnya, tidak semua perempuan bisa menjadi sosok lemah lembut yang diharapkan. Bahkan good girl syndrome tidak selamanya membawa kebahagiaan, justru memberikan dampak negatif.

Bagi sebagian orang, menjadi sosok perempuan yang manis, lembut, dan penurut adalah hal yang baik. Namun sayangnya ada dampak negatif good girl syndrome yang belum banyak diketahui. Kira-kira apa saja, ya?

1. Takut Berkata Tidak

Perempuan yang menderita good girl syndrome akan merasa gagal ketika mereka tidak bisa menjadi sosok perempuan yang tidak menyenangkan hati orang lain. Ketakutannya mengecewakan orang lain membuatnya selalu berusaha memenuhi permintaan orang lain meski dia tidak menyukainya. Akibatnya, dia akan memprioritaskan orang lain di atas kepentingannya sendiri.

Dampak Negatif Good Girl Syndrome (via Kanya)

2. Menjadi Orang yang Lemah

Kebiasaannya menyanggupi permintaan orang lain, membuat perempuan dengan good girl syndrome menjadi orang yang lemah, baik secara fisik maupun verbal. Dia menjadi sosok yang tidak berani menyuarakan pendapatnya, atau tidak berani melawan secara fisik.

Dampak Negatif Good Girl Syndrome (via MSN)

3. Sosok yang Mudah Dimanipulasi

Perempuan dengan good girl syndrome adalah orang yang sangat mudah dimanipulasi orang lain. Hal ini dikarenakan dia dianggap lemah dan tidak mampu menolak keinginan orang lain. Jika dia masuk ke dalam circle pertemanan yang tidak memiliki empati, dia bisa dimanfaatkan habis-habisan oleh teman-temanya.

Itu tadi dampak negatif good girl syndrome yang wajib kamu ketahui. Ternyata menjadi perempuan dengan good girl syndrome tidak selamanya bahagia. Kira-kira, kamu termasuk penderita good girl syndrome nggak? 

Dampak Negatif Good Girl Syndrome (via beritajatim)