Sering Tidak Disadari, Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rontok

Bukan hanya sekedar kekurangan nutrisi dan paparan UV, ternyata banyak orang tanpa sadar melakukan kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok. Apa saja?

Bukan hanya sekedar kekurangan nutrisi dan paparan UV, ternyata banyak orang tanpa sadar melakukan kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok. Jika terus dilakukan, maka perawatan mahal pun tidak akan berhasil mengatasi masalah pada rambut.

Faktanya, tidak sedikit orang yang menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk melakukan perawatan rambut yang tebal, kuat dan halus. Namun sekali lagi, hal itu bukan jaminan untuk mendapatkan rambut sehat alami. Nah, agar perawatan tidak sia-sia, yuk kenali beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab rambut rontok berikut ini!

1.Terlalu Sering Menarik-narik Rambut

Kebiasaan menarik-narik rambut tanpa sadar disebut trichotillomania. Biasanya, kebiasaan ini muncul saat stress atau saat kamu sedang memikirkan sesuatu. Perlu diketahui bahwa mencabut atau menarik rambut justru lebih merusak folikel rambut dibandingkan mengikat atau mengepang. Pasalnya, hal ini akan menyebabkan folikel rambut mengalami trauma akibat tarikan kuat yang terjadi secara langsung.

Bukan hanya membuat rambut tercabut dan menimbulkan luka pada kulit kepala, bahkan folikel yang rusak berpotensi membuat rambut tak bisa tumbuh kembali. Karena itu, hentikan kebiasaan ini segera setelah kamu menyadarinya. Saat sedang stres, coba alihkan pada hal lain yang lebih bermanfaat, misalnya menulis atau menyalurkan hobi.

Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rontok (via Tribunnews)

2.Menggunakan Alat Pemanas Rambut

Menggunakan alat pemanas pada rambut seperti catokan, pengeriting rambut ataupun hair dryer terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan rambut. Suhu panas yang tinggi pada pemanas rambut, dapat merusak protein rambut dan kutikula yang mengakibatkan rambut lebih tipis.

Jika menggunakan alat pemanas rambut merupakan rutinitas yang harus kamu jalani, maka seimbangkan asupan nutrisi rambut dengan rutin menggunakan vitamin atau serum rambut. Selain itu, sebisa mungkin lindungi rambutmu dari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama setiap harinya.

Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rontok (via Prima Berita)

3. MenyisirRambut yang Masih Basah

Siapa di sini yang suka langsung sisiran setelah keramas? Tahukah kamu bahwa rambut basah lebih rentan dari pada rambut kering, karena kutikula rambut terangkat sedikit yang berfungsi melindungi rambut. Karena itu, menyisir rambut sehabis keramas saat rambut masih basah dapat merusak rambut.

Setelah keramas, tunggulah beberapa saat hingga rambut mengering secara alami, setelah itu barulah boleh menyisir dan menggunakan vitamin rambut. Bahkan saat kamu melakukan perawatan di salon, biasanya pihak salon akan memberikan vitamin khusus sebelum mengeringkan dan menyisir rambutmu.

Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rontok (via WowKeren)

4. Sering Mengikat Rambut Terlalu Erat

Rambut rusak dan rontok juga dapat disebabkan oleh kebiasaan mengikat rambut terlalu erat. Rambut yang diikat terlalu erat membuat tekanan yang berlebihan pada folikel rambut, dan merusaknya. Selain terlalu erat, hindari mengikat rambut menggunakan karet gelang karena terbukti membuat rambut lebih mudah patah. Sebagai gantinya, gunakan tali yang memang dikhususnya untuk mengikat rambut.

Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rontok (via Beautynesia)

5. Mewarnai Rambut

Terlalu sering mengganti warna rambut ternyata juga menjadi penyebab kerontokan pada rambut. Terlebih lagi jika melakukan over bleaching yang dapat membuat rambut menjadi lebih tipis, rapuh, dan mudah rontok.

Jika kamu memang harus sering-sering mewarnai rambut, maka gunakan juga vitamin dan serum rambut untuk mengurangi kerusakan rambut. Selain itu, rajinlah melakukan perawatan, misalnya creambath, hairspa, dan sebagainya untuk memastikan rambut tetap ternutrisi.

Ternyata kebiasaan di atas dapat menyebabkan kerusakan dan rambut rontok. Untuk menghindari rambut rontok yang semakin parah, kamu bisa menghindari kebiasaan di atas. Jangan lupa juga untuk merawat rambut menggunakan vitamin, serum atau masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu.

Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Rontok (via Alodokter)