Bisa Ganggu Penampilan, Ternyata Ini Lho Penyebab Alis Rontok

Enggak cuma rambut di kepala, ternyata rambut alis juga bisa rontok lho. Waduh! Kira-kira apa ya penyebab alis rontok? Yuk cari tahu!

Enggak cuma rambut di kepala, ternyata rambut alis juga bisa rontok lho. Waduh! Kira-kira apa ya penyebab alis rontok? Pasalnya, jika tidak ditangani, bulu halus di atas mata lambat laun akan habis sehingga mengganggu penampilan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bagi sebagian perempuan, alis adalah salah satu fitur wajah yang menunjang penampilan. Jadi harus dirawat dengan baik, salah satunya dengan mengetahui penyebab alis rontok agar bisa dihindari.

Sayangnya, jarang ada orang yang menyadari ketika rambut alis rontok. Meski kerontokannya hanya sedikit, namun jika terjadi setiap hari, maka lama-kelamaan juga bisa membuat alis botak. Kalau kamu enggak mau mengalami kerontokan alis, coba cari tahu apasaja penyebabnya, agar kamu bisa menghindarinya sejak dini. Apa saja?

1. Faktor Penuaan

Penyebab pertama rambut alis rontok adalah karena faktor penuaan. Semakin bertambahnya usia, maka perubahan pada kondisi tubuh semakin terasa, termasuk rambut alis. Semakin tua, alis akan semakin menipis karena rontok sekaligus berhentinya hormon penumbuh rambut. Ditambah lagi, semakin banyak faktor lingkungan yang dihadapi kulit sehingga membuat kekuatan alis semakin rapuh dan mudah rontok.

Penyebab Alis Rontok (via Yes Dok)

2. Hormon yang Tidak Seimbang

Penyebab kedua rontoknya rambut alis adalah karena adanya ketidakseimbangan hormon. Hormon tiroid yang tidak seimbang karena terlalu banyak atau sedikit di dalam tubuh dapat memicu kerontokan alis. Namun hal ini hanya terjadi sementara, dan bisa tumbuh kembali, terutama jika kamu melakukan treatment yang tepat.

Penyebab Alis Rontok (via Suara)

3. Imun Tubuh Melemah

Faktor kerja imun ternyata juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut alis. Sistem imun dapat melakukan kesalahan dengan menyerang sel tubuh yang sehat, sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut pada tubuh, termasuk rambut alis. Makanya, jangan heran jika ada penderita penyakit berat yang mengalami kerontokan alis.

Penyebab Alis Rontok (via Klik Dokter)

4. Obat-obatan

Tidak bisa dipungkiri kalau mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa mengakibatkan rambut alis rontok. Ini biasanya terjadi sebagai efek samping obat pada tubuh. Beberapa pengobatan seperti kemoterapi, yaitu tindakan untuk penderita penyakit kanker, juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut, baik di kepala, wajah, maupun bagian tubuh yang lain.

Nah, itu tadi beberapa hal yang menjadi penyebab alis rontok. Ternyata ada banyak faktor yang membuat bulu halus di bagian wajah rontok secara perlahan. Karenanya, penting bagi kamu untuk melakukan tindakan preventif agar kesehatan dan keindahan alis tetap terjaga. Jika beberapa penyebab bisa dihindari, maka hindari sejak dini agar kamu enggak mengalami kebotakan alis.

Penyebab Alis Rontok (via RSUD Pemangkat)