Lakukan 5 Olahraga Ini, Kolesterol dalam Tubuh Dijamin Turun

Lakukan 5 Olahraga Ini, Kolesterol dalam Tubuh Dijamin Turun.

Kolesterol merupakan salah satu gangguan kesehatan pada tubuh. Kolesterol yang tinggi terjadi karena lemak dalam darah terlalu banyak sehingga pembuluh darah jadi tersumbat dan bisa sebabkan penyakit stroke dan jantung. Olahraga penurun kolesterol bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol tersebut.

Kolesterol dalam tubuh disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan berlemak, obesitas atau kegemukan, merokok, minum alkohol, hingga jarang olahraga. Makanya bagi pasien pengidap kolesterol disarankan untuk mulai rutin berolahraga. Selain bisa membuat tubuh semakin sehat dan bugar.

Menurut Everyday Health beberapa aktivitas fisik seperti olahraga ringan dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Coba dilakukan setiap hari dalam waktu 30 menit saja. Kira-kira apa saja olahraga yang bisa menurunkan kolesterol jahat di tubuh?

Aerobik

Profesor Kedokteran dan Kardiologi UCLA, Karon Watson mengatakan semua olahraga sebenarnya bisa menurunkan kolesterol. Olahraga aerobik menjadi salah satu olahraga yang banyak habiskan energi sehingga kadar kolesterol dalam tubuh bisa berkurang jumlahnya.

Lari

Berlari dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Olahraga ini mampu membakar kalori dan menurunkan kolesterol. Cobalah berlari ringan lebih dulu dengan bertahap menuju lari dengan intensitas tinggi. 

Bersepeda

Banyak penelitian sudah memberikan rekomendasi jika olahraga bersepeda bisa membakar kalori dan menurunkan kolesterol. Bersepeda cocok dilakukan pada pagi hari selama kurun waktu 30 menit. Jika sudah terbiasa dilakukan selama 30 menit, barulah menambah intensitas waktu menjadi 45 menit dan 60 menit.

Lakukan 5 Olahraga Ini, Kolesterol dalam Tubuh Dijamin Turun (Alodokter)

Berenang

Berenang adalah olahraga yag baik untuk menurunkan kolesterol. National Heart, Lung, Blood Institute atau NHBLI  membuat laporan bahwa berenang selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 240. Berenang bisa mendapat banyak manfaat salah satunya menjaga berat badan dan mencegah naiknya kolesterol.

Angkat Beban

Mengangkat beban memang baik untuk pengencangan otot dan membentuk otot. Melakukan angkat  beban seperti mengangkat barbel baik dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Cobalah dilakukan selama 30 menit setiap pagi hari sebelum memulai aktiivtas.

Beberapa olahraga penurun kolesterol bisa dilakukan secara rutin. Selain olahraga, menurunkan kolesterol bisa diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti makan makanan bergizi, kurangi makanan berlemak, tidak minum alkohol, dan minum obat penurun kolesterol atas rekomendasi dokter.

Lakukan 5 Olahraga Ini, Kolesterol dalam Tubuh Dijamin Turun (Bola.com)