5 Dessert Unik Dari Berbagai Negara Yang Gak Cuma Manis, Ada Cokelat Jangkrik Hingga Es Krim Wasabi

5 Dessert unik dari berbagai Negara, mulai dari Thailand hingga Portugal.

Dessert atau makanan penutup sudah menjadi tradisi kuliner yang wajib ada pada setiap jamuan makan di seluruh negara. Di Indonesia sendiri, kebanyakan dessert menggunakan bahan utama buah-buahan. Lantas bagaimana dengan negara lainnya? 

Berikut ada beberapa ragam dessert unik dari berbagai negara yang jarang kamu temui. Keunikan itu terlihat dari bahan yang digunakan ataupun cerita di balik makanan tersebut. Meski terbilang tidak biasa, tapi cita rasanya patut diacungi jempol. Apa saja dessert unik itu? Berikut lima diantaranya!

1. Cokelat jangkrik - Thailand

Seperti namanya, di Thailand ada jangkrik dengan dilapisi coklat. Awalnya, jangkrik  digoreng sampai garing lalu dilumuri dengan coklat. Setelahnya, cokelat jangkrik itu ditaburi garam. Tidak hanya digemari turis lokal, jangkrik cokelat itu juga disukai turis internasional. Dessert dari Thailand tersebut dipercaya baik untuk kesehatan karena tinggi protein dan serat.

Dessert Cokelat Jangkrik (Thailand Unique)

2. Wasabi Ice Cream - Jepang

Wasabi umumnya digunakan sebagai bumbu pelengkap saat menyantap makanan Jepang, seperti sushi. Rasanya yang tajam mampu membuat lidahmu kesemutan. Meski begitu, wasabi cocok untuk makanan-makanan gurih. Tapi, masyarakat Jepang menggabungkan rasa gurih dan manis dalam es krim yang dingin dan lembut. Mungkin bisa kamu bayangkan bagaimana rasanya?

Es Krim Wasabi (Delish)

3. Red Bean Cake - Hong Kong

Dessert unik lainnya ada di Hong Kong. Mereka memiliki kue yang dibuat dengan membekukan adonan kacang merah yang bertekstur seperti pasta yang dimaniskan dan ditaburi dengan biji wijen. Hidangan red bean cake ini umumnya dikonsumsi di hari libur tertentu di China. Menariknya, tekstur red bean cake saat dihidangkan berbentuk persegi dan biasanya dibuat sangat keras sehingga susah untuk digigit.

Dessert Red Bean Cake (IDN Times)

4. Tavuk Gogsu - Turki

Berbeda dari biasanya, Turki memiliki dessert yang menggunakan bahan dasar ayam bernama Tavuk Gogsu. Hidangan ini merupakan puding susu yang terbuat dari tepung beras, kayu manis serta susu cair. Namun, mereka juga menambahkan bahan yang tidak biasa dalam pudingnya berupa daging ayam. Menariknya, makanan pencuci mulut ini pernah dihidangkan untuk Sultan Ottoman hampir 500 tahun yang lalu.

Dessert Tavuk Gogsu (Detikcom)

5. Aletria Doce - Portugal

Portugal juga punya dessert dengan gabungan rasa manis dan gurih. Hidangan ini juga terbuat dari bahan yang tidak biasa yakni bihun. Adapun bihun tersebut dicampur dengan bahan lain mulai dari telur, gula, kayu manis dan kulit lemon. Biasanya, makanan ini hanya disajikan pada saat Natal di Portugal.

Dessert Aletria Doce (VortexMag)