Dikucilkan Hingga Bakar Diri, Begini Tradisi Janda di India yang Bikin Miris

Ada tradisi janda di India yang tragis. Hal tersebut membuktikan bahwa menjadi janda di sana bukanlah hal yang mudah.

Ditinggalkan belahan jiwa untuk selama-lamanya jelas bukan hal yang mudah dijalani. Meski demikian, ada tradisi janda di India yang dilakukan secara turun-temurun dan dianggap semakin menambah penderitaan mereka.

Sebagian orang menganggap bahwa menjadi janda bukanlah hal mudah. Tentunya, anggapan tersebut dibuktikan oleh nasib para janda di India yang benar-benar menyedihkan karena adanya tradisi tragis yang dialami janda di India tersebut.

India memiliki beragam tradisi yang mewarnai kehidupan masyarakatnya termasuk janda. Lantas seperti apa tradisi para janda di India? Simak penjelasannya berikut ini. Harap dikaji dengan pola pikir yang bijaksana, ya!

1. Harus Mengasingkan Diri

Salah satu tradisi paling umum bagi janda di India adalah mengasingkan diri. Dalam hal ini, setelah suaminya meninggal, para janda tersebut harus tinggal di ashram vidhwa (ashram untuk janda) yang dijalankan oleh pemerintah, perusahaan swasta, dan LSM.

Jangan harap tinggal di sini akan mendapatkan kehidupan yang leluasan. Mereka tidak dapat menikah lagi dan harus berdiam diri di rumah, memakai pakai warna berkabung, dan melepas perhiasan. Pada masanya, menempatkan para janda di sini adalah sebuah solusi yang sempurna.

Tradisi Tragis yang Dialami Janda di India (via BBC)

2. Harus Mengenakan Pakaian Berwarna Putih Seumur Hidup

Tradisi yang kedua, para janda di India wajib mengenakan pakaian berwarna putih seumur hidupnya. Hal tersebut melambangkan status sosialnya sebagai janda. Tidak hanya itu, pakaian putih yang dikenakan juga memiliki arti berkabung, dan sebagai tanda bahwa dia berduka untuk suaminya yang telah tiada. Dengan kata lain, seorang janda harus selalu merasa berkabung hingga akhir hayatnya.

Tradisi Tragis yang Dialami Janda di India (via Oretzz)

3. Dikucilkan

Di India, status sosial para janda berada di bawah sehingga mereka dikucilkan dan dilarang mengikuti beragam acara seperti ritual keagamaan, terlebih ke acara pernikahan. Mereka benar-benar dilarang datang karena status janda adalah kemalangan dan dianggap akan membawa kesialan bagi calon mempelai. 

Tradisi Tragis yang Dialami Janda di India (via Boombastis)

4. Membakar Diri

Di India terkenal tradisi Sati, di mana saat suami seorang perempuan meninggal dunia maka istri juga akan menghilangkan nyawanya dengan cara membakar diri. Tradisi ini dilakukan secara sukarela, tanpa paksaan yang berarti sang istri ingin menjadi pasangan yang berbakti dan mengikuti suaminya. 

Bahkan masyarakat India akan memaksa seorang perempuan yang suaminya meninggal dan tidak memiliki anak untuk melakukan tradisi ini. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tradisi ini menjadi sesuatu yang dipaksakan dan dianggap melanggar nilai kemanusiaan. 

Nah, itu tadi beberapa tradisi tragis yang dialami janda di India. Untungnya, saat ini pola pikir masyarakat sudah lebih terbuka sehingga tradisi yang dianggap diskriminatif mulai bergeser dan hilang dengan sendirinya.

Tradisi Tragis yang Dialami Janda di India (via Kumparan)