Wajib Waspada, Ini Lho Hal-Hal yang Bisa Merusak Komunikasi dengan Pasangan

Kamu harus waspada dengan hal-hal yang bisa merusak komunikasi dengan pasangan agar hubungan pernikahanmu langgeng.

Komunikasi dengan pasangan merupakan salah satu kunci keharmonisan dalam rumah tangga. Namun sayangnya, masih banyak yang belum menyadari bahwa ada hal-hal yang bisa merusak komunikasi dengan pasangan, dan bisa memicu keretakan dalam rumah tangga.

Masalahnya, hal ini banyak dianggap sepele oleh pasangan, tanpa menyadari bahwa dampaknya luar biasa. Agar kamu lebih waspada, yuk coba cari tahu apa saja hal-hal yang bisa merusak komunikasi dengan pasangan. Berhati-hati, ya!

1. Mendiamkan Masalah

Dalam suatu hubungan, terlebih hubungan pernikahan tentu akan ada masalah yang muncul. Namun, terkadang karena alasan malas ribut banyak pasangan yang mendiamkan sebuah masalah dan menganggapnya tidak ada.

Seakan menunggu waktu, masalah-masalah tersebut akhirnya akan meledak layaknya bom jika salah satu benar-benar merasa tidak tahan. Maka dari itu, baik masalah kecil ataupun besar sebaiknya bicarakan baik-baik hingga benar-benar selesai. Jangan sampai dari luar terlihat adem ayem, tapi di dalam ternyata menyimpan bara.

Hal-Hal yang Bisa Merusak Komunikasi dengan Pasangan (via Popbela)

2. Mendebatkan Masalah Kecil

Mendiamkan masalah bukan hal benar, namun sering mendebatkan masalah kecil juga sebaiknya tidak dilakukan. Pasalnya meski terlihat sepele, namun hal ini bisa merusak komunikasimu dengan pasangan. Selain itu, sering mendebatkan hal kecil akan membuat pasangan merasa semua komunikasi yang terjalin hanya sia-sia belaka karena pasti berujung pertengkaran.

Hal-Hal yang Bisa Merusak Komunikasi dengan Pasangan (via IDN Times)

3. Komunikasi Sepihak

Hal ini sering terjadi, namun jarang disadari. Adanya pihak yang lebih dominan antara suami dan istri juga bisa merusak komunikasi dengan pasangan.

Komunikasi satu arah atau komunikasi sepihak akan membuat salah satu dari kalian kelelahan. Bisa jadi karena tidak mendapat respon yang sesuai atau merasa terlalu diatur.

Hal-Hal yang Bisa Merusak Komunikasi dengan Pasangan (via Yoursay)

4. Mengungkit Kesalahan Masa Lalu

Bagi sebagian orang, melupakan kesalahan memang bukan hal mudah. Namun, mengungkitnya ketika sedang bertengkar akan membuat komunikasi kamu dengan pasangan semakin buruk. Jadi lebih baik hindari hal tersebut ya.

Sebenarnya menghindari hal-hal yang bisa merusak komunikasi dengan pasangan itu mudah, asal kamu mau sedikit mengendalikan diri dan emosi maka semua akan berjalan baik-baik saja.

Hal-Hal yang Bisa Merusak Komunikasi dengan Pasangan (via Lifestyle Kompas)