Jangan Sampai Kebablasan, Ini Tanda-Tanda Overworked yang Jarang Kamu Sadari

Banyak orang merasa bahwa dia harus bekerja keras untuk memenuhi segala kebutuhannya, akan tetapi mereka tidak sadar akan tanda-tanda overworked.

Sebagian orang merasa harus bekerja keras untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Tapi tahukah kamu kalau overworked bisa membahayakan dirimu sendiri. Jadi ada baiknya kamu mengenali tanda-tanda overworked agar kamu enggak kebablasan.

Pasalnya membiarkan diri overworked akan membuat kamu lebih mudah stress, burnout, dan depresi. Nah dari pada kamu terlanjur kebablasan dan kesehatan mental kamu terancam, sebaiknya kenali tanda-tanda overworked sejak dini agar lebih mudah diatasi. Apa saja?

1. Merasa Kelelahan

Biasanya overworked terjadi ketika kamu bekerja dengan sangat keras dan selalu lembur tanpa peduli makan, minum, dan istirahat. Hal ini akan membuat kamu merasa lelah saat pulang bekerja. Kalau sudah begitu, kamu akan mudah merasa stres meski sudah berada di rumah.

Tanda-Tanda Overworked (via Psych2Go)

2. Badan Mudah Terasa Pegal

Selain kelelahan, tanda-tanda overworked yang bisa kamu rasakan adalah badan kamu terasa pegal dan sakit terutama pada bagian leher, punggung, dan bahu. Biasanya sakit pada bagian itu menandakan bahwa posisi tubuh kamu selalu dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Karena memang ketika sedang fokus, kamu tidak akan sadar kalau kamu belum mengubah posisi duduk saat bekerja.

Tanda-Tanda Overworked (via Silicon Republic)

3. Pekerjaan tidak ada habisnya

Tanda overworked selanjutnya adalah kamu merasa pekerjaan kamu enggak ada habisnya. Kalau kamu merasakan hal tersebut, sebaiknya kamu mengistirahatkan sejenak badan dan pikiran agar kamu merasa lebih rileks dan tidak stres.

Tanda-Tanda Overworked (via iStock)

4. Kamu Merasa Kelelahan Secara Emosional

Kamu pernah nggak sih tiba-tiba merasa sedih, marah, dan kesal saat bekerja. Padahal teman kerja dan atasan kamu bersikap baik padamu. Wah, ini bisa menjadi tanda-tanda kamu mengalami overworked. Jika kamu merasa demikian, sebaiknya istirahatkan tubuh dan pikiran sejenak agar energi kamu kembali terisi.

Nah, itu tadi tanda-tanda overworked yang harus kamu sadari. Jangan tunggu sampai depresi, baru kamu mengistirahatkan diri. Jangan hanya sibuk mencari materi, yuk mulai perhatikan juga kesehatanmu!

Tanda-Tanda Overworked (via Yoursay)