Terbaru Dreamers Dari Jungkook BTS, Ini 6 Lagu Piala Dunia Paling Ikonik Sepanjang Masa, Ricky Martin Dan Shakira Fenomenal

6 Lagu Piala Dunia yang paling ikonik sepanjang masa, Shakira, Ricky Martin sampai terbaru Jungkook BTS.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung meriah di Stadion Al Bayt pada Minggu, 20 November 2022. Jungkook BTS dipercaya untuk dipercaya untuk mengisi original soundtrack FIFA World Cup 2022 berjudul 'Dreamers' yang dinyanyikan bersama Fahad Al Kubaisi.

Penampilan member termuda BTS ini membuat publik bernostalgia dengan lagu-lagu Piala Dunia. Sebelumnya, pihak penyelenggara juga sempat menyajikan opening dengan memutar penggalan lagu fenomenal Piala Dunia. Berikut ini dirangkum 6 lagu Piala Dunia paling ikonik sepanjang masa. Scroll yuk!

Dreamers - Jungkook BTS (2022)

Jungkook mencatat sejarah sebagai orang Korea pertama yang tampil di upacara pembukaan Piala Dunia. Jungkook tampil sendirian membawakan lagu Dreamers, sampai di pertengahan lagu dia berduet dengan penyanyi sekaligus produser lagu asal Qatar, Fahad Al-Kubaisi. 

Lagu Dreamers ini berhasil menyapu tangga lagu iTunes Top Songs di 102 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Perancis, Kanada hingga Jepang, dalam waktu hanya 13 jam setelah dirilis pada 20 November 2022. 

Dreamers ini juga mencetak rekor baru untuk lagu resmi Piala Dunia FIFA tercepat yang mencapai peringkat pertama di tangga lagu iTunes Top Songs di Amerika Serikat dengan hanya membutuhkan waktu 2 jam 11 menit.

Jungkook BTS Bawakan Soundtrack Piala Dunia 2022 (Instagram)

La Copa de la Vida (The Cup of Life) - Ricky Martin (1998)

La Copa de la Vida (The Cup of Life) yang dinyanyikan Ricky Martin di Piala Dunia 1998 Prancis menjadi lagu resmi Piala Dunia terbaik. Ketika itu, penyanyi asal San Juan Puerto Rico ini sukses membawakan ritme samba musik latin ke dalam budaya pop Eropa. Liriknya juga menghibur sehingga lagu ini sering diputar di dalam acara apapun selain sepak bola, termasuk pesta pernikahan.

Ricky Martin Dalam Piala Dunia 1998 (Billboard)

Waka Waka (This Time for Africa) - Shakira (2010)

Lagu Waka Waka yang dinyanyikan Shakira di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan begitu menyita perhatian publik. Meski tidak memiliki darah Afrika, Shakira mampu membuat lagu resmi Piala Dunia 2010 ini terdengar sampai ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bahkan sampai sekarang, lagu Waka Waka masih sering terdengar. 

Nama Shakira sendiri mulai muncul saat mendapat kepercayaan untuk turut menyemarakkan upacara pembukaan dan penutupan pada Piala Dunia 2006 di Jerman dengan lagu andalannya Hips Don't Lie. Shakira sebenarnya dijadwalkan tampil di opening Piala Dunia 2022 Qatar, tapi sayangnya dibatalkan tanpa alasan yang jelas.

Shakira Memukau Di Piala Dunia 2010 (Billboard)

Wavin Flag - K'naan (2010)

K'naan menyanyikan lagu Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan berjudul Wavin Flag. Secara teknis, lagu ini sebenarnya bukan lagu resmi Piala Dunia, melainkan lagu promosi Coca Cola yang menjadi sponsor utama ajang ini. 

Namun, musik serta liriknya yang bagus membuat Wavin Flag yang dinyanyikan rapper berdarah Somalia dan Kana ini dinilai pantai masuk daftar lagu terbaik Piala Dunia. Lagu Wavin Flag mampu membawa kegembiraan bagi para pecinta sepak bola di seluruh dunia. Lagunya sampai sekarang pun masih sering terdengar.

K'naan Nyanyikan Lagu Untuk Sponsor Piala Dunia 2010 (Billboard)

We Are One - Pitbull feat. J Lo dan Claudia Leitte (2014)

Penyanyi terkenal asal Benua Amerika yakni Pitbull merilis lagu oficial resminya bertajuk We Are One dalam Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Untuk lagu ini, Pitbull, yang bukan orang Brasil menggandeng Jennifer Lopez dan penyanyi asal Brasil Claudia Leitte.

Lagu dengan lirik yang relatif sederhana dan terkadang berulang ini, We Are One sebenarnya ditulis oleh musisi ternama dunia. Sebut saja penulis lirik dari Australia yakni Sia, RedOne, Danny Mercer, Dr Luke, Cirkut dan Thomas Troelsen. Meski demikian, lagu ini sangat menyenangkan untuk dinyanyikan terlebih liriknya sesuai dengan tema persatuan dunia.

Penampilan Pitbull Dalam Piala Dunia 2014 (Fimela)

Boom - Anastacia (2002)

Piala Dunia 2002 pertama kali berlangsung di Asia tepatnya di Korea Selatan dan Jepang. Sayangnya, bukan musisi dari dua negara itu yang menciptakan maupun menyanyikan lagu resmi Piala Dunia edisi ini. Melainkan musisi asal Amerika, bernama Anastacia. Dia dapat kesempatan menyanyikan lagu Boom dalam Piala Dunia 2022. 

Di lagu tersebut juga tidak ada unsur budaya Jepang maupun Korea Selatan di dalamnya. Meski begitu, sesuai judulnya, lagu ini sukses meledak di dunia. Berbekal musik electro pop yang sedang hits pada awal tahun 2000-an, lagu ini menuai kepopuleran di dunia.

Penampilan Anastacia Di Piala Dunia 2002 (Fimela)